listrik mobil

Begini Tips Merawat Mesin Mobil Agar Tidak Mati di Tengah Jalan!

Saat ini, memang sudah banyak bermunculan perusahaan pembiayaan terbaik di Indonesia yang memudahkan calon pembeli saat berencana membeli sebuah mobil secara kredit. Perusahaan-perusahaan tersebut memberikan beragam penawaran menarik yang semakin menguntungkan para pembeli. Mulai dari suku bunga ringan, down payment kecil, proses pengajuan kredit cepat, hingga mendapat diskon ketika membeli mobil.

Namun demikian, jika mobil sudah ditangan, sebagai pemilik mobil Anda tentunya tidak bisa mengabaikan begitu saja mobil Anda. Anda harus rutin merawatnya dan melakukan pengecekan secara berkala, khususnya bagian komponen mesin mobil. Lantaran, jika komponen-komponen ini tidak dicek tentu bisa membahayakan keselamatan dan risiko lainnya yang ditimbulkan adalah mobil bisa mati di tengah jalan. Untuk itu, rawatlah komponen mesin mobil Anda dengan melakukan beberapa tips ini, di antaranya:

  1. Ganti oli mobil secara rutin. Oli merupakan komponen paling penting yang tidak bisa dipisahkan dari mobil karena berfungsi sebagai pelumas. Adanya oli, tentu bisa meningkatkan performa mobil karena itu Anda sangat disarankan untuk menggantinya secara rutin. Biasanya, ketentuan penggantian oli ini berbeda-beda tergantung pada jenis mobil yang digunakan, akan tetapi umumnya penggantian mobil dilakukan jika jarak tempuh sudah mencapai 3.000 km – 5.000 km.
  2. Periksa knalpot mobil. Anda tentu sudah tidak asing lagi dengan knalpot, kan? Yap, knalpot merupakan salah satu komponen pada mobil yang bermanfaat untuk mengeluarkan sisa-sisa gas dari mobil. Rutinlah mengecek komponen satu ini dan pastikan tidak ada kerak yang menempel pada knalpot mobil karena nantinya bisa mengganggu pembuangan mobil Anda.
  3. Cek komponen timing belt. Jangan sampai lupa mengecek komponen timing belt. Komponen satu ini berfungsi meneruskan putaran pada roda gigi yang dihubungkan langsung ke bagian internal mesin. Jika saat dilakukan pengecekan mobil Anda mengeluarkan suara bising ataupun berdengung, maka timing belt-nya berarti sedang bermasalah. Apabila dibiarkan, kondisi seperti ini bisa mengganggu kinerja suplay listrik pada akumulator.

Selain beberapa hal yang sudah dituliskan di atas, Anda juga penting melakukan ini saat merawat mesin mobil, seperti:

  • Cek bagian starter mobil.
  • Bersihkan komponen filter karburasi.
  • Cek cairan coolant atau radiator.
  • Ganti spart part mobil dengan yang original.
  • Isi tangki bahan bakar sampai penuh.

Semoga bermanfaat, ya!

Leave a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *