kerak wajan

Begini Cara Menghilangkan Kerak Pada Wajan

Wajan yang terlihat bersih pasti terasa mantap dan meyakinkan untuk digunakan menggoreng makanan apapun. Misalnya saat berencana memasak dengan memanfaatkan halal canned meat yang ada. Namun sayangnya, semakin lama usia wajan tampilannya juga akan mulai berubah. Biasanya wajan mulai tidak terlihat bersih karena adanya kerak membandel. Jika sudah begitu, banyak yang kemudian memilih untuk membuang wajan lama dan kemudian menggantinya dengan yang baru.

Jika saat ini kamu sedang bermasalah dengan hal tersebut, ada baiknya jika jangan langsung membuang wajan lamamu begitu saja. Sebab ternyata kamu bisa membersihkannya dengan beberapa cara berikut ini:

  • Soda

Untuk kamu yang suka mengonsumsi minuman bersoda dan memiliki stok di rumah, maka bisa mengambil stok tersebut untuk membersihkan wajanmu. Caranya juga sangat mudah, kamu hanya perlu menyemprotkan air soda ke bagian wajan yang berkerak kemudian mendiamkannya selama sekitar 2 jam. Jika kamu tidak memiliki penyemprot maka bisa mengalirkannya saja dan kemudian diamkan. Namun sebaiknya hindari menggunakan soda dengan perasa yang mengandung gula. Sebab bisa-bisa wajanmu nanti akan dikerubungi oleh semut.

  • Cuka

Cuka memiliki kandungan asam yang dapat mengangkat kerak pada wajan secara ampuh. Untuk penggunaannya seperti soda, yaitu dengan menyemprotkan cuka langsung ke bagian kerak di wajan. Jangan campurkan cuka dengan air karena akan mengurangi efektivitasnya. Setelah itu diamkan sekitar 2 jam dan kemudian gosok. Meskipun efektif, banyak orang yang menolak untuk menggunakan cuka karena aromanya yang sangat tajam.

  • Jeruk nipis

Sama halnya dengan cuka, kandungan asam pada jeruk nipis juga mampu membantu mengangkat kerak membandel pada wajan. Hanya saja prosesnya lebih rumit dan membutuhkan waktu lebih lama. Pertama kamu harus mencampurkan air perasan jeruk nipis dengan sabun pencuci piring dan air. Kemudian rendam wajan berkerak dan cairan ini selama semalam penuh setelah itu barulaah digosok hingga bersih.

  • Abu gosok

Membersihkan kerak wajan menggunakan abu gosok sudah menjadi hal yang umum dilakukan sejak dulu. Cara menggunakannya yaitu campurkan abu gosok dengan air hingga membentuk seperti pasta dan kemudian oleskaan pada permukaan wajan yang berkerak. Kemudian gosok permukaan wajan dengan sikat gigi atau sikat lain yang kamu punya. Jika kamu tidak memilikinya maka bisa coba mencarinya di pasar tradisional.

  • Baking soda

Selain digunakan untuk membuat kue, baking soda juga bisa dimanfaatkan untuk membersihkan  kerak membandel pada wajan. Caranya yaitu campurkan baking soda dengan air dan kemudian oleskan pada bagian kerak di wajan. Setelah itu diamkan hingga beberapa jam dan kamu bisa membersihkan olesan ini dengan menggunakan sabun pencuci piring.

Dari semua cara di atas apakah ada yang tertarik untuk kamu coba? Atau mungkin kamu menemukan cara sendiri untuk membersihkan kerak di wajan?

Leave a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *