Bangun Rumah dengan Budget Terbatas? Begini Caranya

Tidak semua orang memiliki dana yang berlebih untuk membeli rumah melalui Perusahaan Real Estate di Jakarta. Tak sedikit dari Anda yang harus merintis dari awal mulai dari menyewa rumah kontrakan, membeli tanah, hingga membangun rumah smembangun rumahedikit demi sedikit. Nah, bagi Anda yang hendak membangun rumah dengan budget terbatas, mungkin beberapa cara ini bisa membantu Anda:

  1. Minta bantuan arsitek. Anda mungkin berpikir bahwa menyewa jasa arsitek hanya akan membuang-buang saja. Pasalnya, Anda bisa menggunakan uang yang dipakai untuk membayar arsitek untuk hal lain. Namun demikian, pemikiran seperti ini salah besar, lho. Sebab dengan bantuan arsitek, Anda bisa mengurangi biaya-biaya lain yang tidak penting, yang muncul karena ketidaktahuan Anda. Arsitek akan membantu Anda untuk merancang rumah sesuai dengan budget yang Anda miliki. Tak hanya itu, arsitek juga bisa membantu menghadirkan karakteristik yang Anda inginkan untuk rumah Anda kelak. Misal, Anda ingin memiliki rumah bergaya santorini. Nah, sebisa mungkin, arsitek rumah akan menghadirkan karakteristik rumah bergaya Santorini, namun tetap sesuai budget. Jadi, mengeluarkan sedikit uang untuk membayar jasa arsitek sama sekali tidak rugi, kan?
  2. Cek harga material. Setelah mendapatkan gambaran rumah yang hendak Anda bangun, hal yang selanjutnya bisa Anda lakukan adalah mengecek harga material bangunan di pasaran. Setiap toko bangunan tentu memiliki harga yang berbeda untuk material yang dijualnya. Oleh sebab itu, jangan malas untuk mengeceknya dan beli di toko yang menawarkan harga terbaik. Anda juga bisa mengeceknya secara online dan lihat harga yang ditawarkan di sana.
  3. Diskon khusus. Jika Anda kebetulan membeli banyak material bangunan di satu toko, jangan lupa untuk meminta diskon khusus dari penjualnya. Sebab ketika Anda membeli banyak barang sekaligus, bukan hal yang asing jika Anda mendapat potongan harga dari toko bangunan tersebut. Jadi, jangan ragu untuk mengkomunikasikannya kepada penjual, ya.
  4. Jangan sembarangan memilih ahli bangunan. Rancangan rumah sudah siap, material bangunan sudah tersedia, maka langkah selanjutnya adalah memilih ahli bangunan. Pilih tukang bangunan yang akan mengerjakan rumah Anda dengan hati-hati. Pastikan tarifnya sesuai dengan budget Anda, kinerjanya mumpuni, dan jangan lupa untuk memantaunya setiap hari.

Itu dia beberapa hal yang bisa Anda lakukan untuk membangun rumah dengan budget terbatas. Jika dana yang dimiliki memang belum cukup, maka Anda bisa membangun rumah secara bertahap. Misalnya, mulai dari pondasi, dinding rumah, atap, dan lain sebagainya.

Semoga membantu, ya! (Tr)

1 thought on “Bangun Rumah dengan Budget Terbatas? Begini Caranya

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *