Membersihkan Karpet di Apartemen Ternyata Mudah, Lho

Memasang karpet di area ruang tamu luxury residence mega kuningan milik Anda merupakan pilihan tepat. Sebab karpet berfungsi untuk menghadirkan kesan mewah, nyaman, dan juga hangat secara bersamaan. Namun demikian, meski bagian karpet jarang diinjak-injak, bukan berarti karpet tersebut tak membutuhkan perawatan, lho. Anda pun perlu membersihkannya, setidaknya setiap satu bulan sekali.membersihkan karpet

Lantas, bagaimana cara membersihkan karpet apartemen dengan mudah? Berikut caranya!

Sapu kotoran terlebih dahulu

Langkah pertama yang bisa Anda lakukan untuk membersihkan karpet adalah dengan membersihkan kotorannya terlebih dahulu dengan menggunakan sapu. Tentu, jenis sapu yang digunakan pun mengikuti jenis karpetnya. Misalnya, untuk membersihkan karpet dengan material serat halus seperti wol, katun, atau microfiber, Anda bisa menggunakan sapu ijuk untuk membersihkan kotorannya. Sementara untuk material karpet berbahan serat bambu atau sisal, Anda bisa membersihkannya dengan sapu lidi. Langkah ini bertujuan untuk mengangkat semua kotoran yang melekat pada karpet sebelum dibersihkan dengan penyedot debu.

Manfaatkan penyedot debu

Untuk mengangkat kotoran yang tidak bisa dijangkau oleh sapu, Anda bisa memanfaatkan penyedot debu. Selama ini, Anda mungkin menyangka bahwa menggunakan penyedot debu saja sudah cukup untuk membersihkan karpet. Padahal, tidak demikian, lho. Untuk memastikan semua kotoran terangkat, Anda perlu mengangkat kotorannya dengan sapu lalu menyempurnakannya dengan menggunakan penyedot debu. Bersihkan karpet dari bagian ujung ke ujung lainnya mengikuti serat hingga bersih.

Jangan lupakan bagian bawah

Setelah menyapu dan menyedot debu, jangan lupa juga untuk mengecek bagian bawah karpet. Sebab, di sanalah biasanya semua kotoran menumpuk. Singkirkan karpet lalu sedot bagian bawahnya dengan vacuum cleaner dan lap dengan kain pel. Jika sudah, tempatkan kembali karpetnya di posisi semula.

Bersihkan bagian rumbai dengan tangan

Untuk mempercantik tampilan karpet, beberapa pengrajin kerap menambahkan bagian rumbai di pinggiran karpet. Nah, saat membersihkan karpet, jangan lupa pula untuk mengecek bagian ini. Memang, agak sulit rasanya untuk membersihkan bagian rumbai ini; Anda tidak bisa membersihkannya dengan sapu atau bahkan menyedot debunya dengan vacuum cleaner. Disarankan untuk membersihkan area rumbai dengan tangan agar tidak cepat rusak, pastikan tidak ada bagian yang terpilin, dan gosok perlahan dengan menggunakan cairan pembersih jika terdapat area yang ternoda.

Itu dia beberapa hal yang bisa Anda lakukan untuk membersihkan karpet di rumah. Ternyata mudah, kan? Jadi, jangan malas membersihkan karpet, ya!

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *