Fakta Mengenai Mobil Berusia 10 Tahun

Tidak semua orang mampu memiliki dana lebih untuk mengganti mobil saat usianya memasuki 10 tahun. Bahkan, beberapa di antaranya justru dengan sengaja memilih mobil yang sudah berusia 10 tahun atau lebih karena menyesuaikan budgetnya. Bagi mereka, asal nanti setelah mereka beli kemudian mereka merawat dan menggunakan oli terbaik untuk mobil mereka, maka hal tersebut tidak bermasalah.mobil lama

Namun, benarkah demikian?

Ternyata, mobil berusia 10 tahun atau lebih memang tidak selalu berkualitas kurang bagus atau terus menerus mengalami kerusakan, loh. Sebab, dengan perawatan yang baik dan dilakukan sejak awal, maka mobil tersebut bisa saja memiliki mesin yang tidak kalah dengan mobil keluaran baru. Contohnya seperti hal-hal kecil untuk merawat mesin mobil manual yang dapat digunakan untuk mobil-mobil 10 tahun ini untuk tetap memastikan transmisi mobil masih baik dan layak untuk dipakai. Bahkan, menurut situs otomotifnet, mobil yang dilakukan perawatan dengan baik sejak awal juga bisa memiliki emisi gas buang yang sesuai aturan lulus uji emisi.

Keistimewaan lain dari mobil berusia 10 tahun lebih yaitu pada kekuatan body mobil. Beberapa mobil yang diproduksi 10 tahun lalu atau lebih menggunakan material yang jauh lebih berkualitas dibandingkan dengan mobil yang diproduksi saat ini. Anda bisa merasakannya saat membuka pintu atau kap mesin. Beberapa jenis mobil akan terasa berat saat Anda membukanya, berbeda dengan beberapa jenis mobil saat ini. Anda juga bisa merasakannya saat melaju dalam kecepatan tinggi di jalan bebas hambatan atau tol. Semakin ringan bobot mobil, maka kemungkinan mobil kehilangan traksi dalam kecepatan tinggi akan semakin besar. Sementara jika body mobil sendiri memiliki bobot yang cukup berat, maka mobil akan semakin stabil saat dikendarai dalam kecepatan tinggi sekalipun.

Meskipun begitu, ada juga beberapa kekurangan yang tidak dimiliki oleh mobil berusia 10 tahun lebih, yaitu berkaitan dengan teknologi. Sebab, produsen mobil selalu berusahan untuk memberikan kenyamanan dan eamanan pada konsumen yang membeli mobil buatannya dan kemudian mengendarainya. Misalnya seperti teknologi control traction, ABS, dan sebagainya. Begitu pula dengan teknologi audio yang semakin berkembang. Berbagai teknologi tersebut tidak akan dimiliki oleh mobil berusia 10 tahun lebih.

Lalu, manakah yang sebaiknya dibeli?

Tentunya kembali pada kebutuhan dan budget Anda. Selain itu, Anda juga bisa menjadikan pembahasan di atas sebagai bahan pertimbangan. Semoga membantu! (Vita)

1 thought on “Fakta Mengenai Mobil Berusia 10 Tahun

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *