air putih
Health

Mengetahui apakah kebutuhan air di tubuhmu sudah terpenuhi dengan baik ?

Mencukupi kebutuhan air minum setiap harinya adalah salah satu kebiasaan penting untuk menjaga kesehatan tubuh. Jika tubuh kekurangan cairan, dampaknya bisa buruk untuk kesehatan. Sekarang coba kita cek lagi apakah kebutuhan cairan tubuh kita sudah terpenuhi dengan baik?

Kebutuhan konsumsi air manusia pada umumnya yaitu sekitar 8 gelas perharinya, akan tetapi hal tersebut tidak bisa disama ratakan untuk saat ini. Perbedaan kebutuhan air dari satu individu dengan individu lainnya dapat ditinjau dengan aktifitas apa saja yang dilakukannya. Oleh karena itu penting sekali mengetahui apa saja tanda dalam tubuh kita yang dapat nampak jika kebutuhan air dalam tubuh kita sudah terpenuhi dengan baik. Berikut ini beberapa tanda yang bisa kita rasakan saat kebutuhan minum kita telah tercukupi.

  1. Tubuh terasa berenergi

Sel-sel tubuh kita butuh air untuk bisa berfungsi dengan baik hal tersebut karena Sel-sel mengandung air dan dikelilingi oleh air. Oleh karena itu penting sekali untuk kita mengkonsumsi air yang cukup bagi kebutuhan  tersebut. Mengkonsumsi air dengan pH basa seperti air alkali yang memiliki kandungan nutrisi mineral yang lebih banyak . manfaat minum air alkali mampu membuat tubuh merasa lebih berenergi.

  1. Bisa berkonsentrasi dengan baik

Menurut sebuah penelitian yang dipublikasikan di jurnal Nutrients, dehidrasi ringan bisa mengganggu cara kerja otak dan menurunkan daya konsentrasi kita. Sama seperti kebutuhan tidur, menjaga pola makan sehat, dan olahraga, air merupakan salah satu kebutuhan penting yang dibutuhkan oleh tubuh. Karena tubuh kita sebagian besar tersusun dari air, maka penting untuk mencukupi kebutuhan air untuk memberihkan dan menjalankan sistem tubuh kita.

  1. Pencernaan lebih lancar

Orang yang minum cukup air akan lebih lancar untuk proses pencernaannya. Hidup sehat dengan air mineral salah satunya tidak mengalami sembelit atau gangguan pencernaan karena air bisa mendorong kinerja organ tubuh lebih baik lagi.

  1. Kulit tampak lebih cerah

Saat kebutuhan cairan terpenuhi, kulit akan tampak lebih cerah. Kulit merupakan organ terluas di tubuh kita dan bergantung pada asupan air untuk memproduksi sel-sel baru dan membuat kulit tampak cerah. Kulit kita 30% kandungannya adalah air dan berperan penting dalam menjaga kekenyalan dan elastisitas kulit.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *