menabung

Ini Tanda Kamu Harus Waspada dalam Mengelola Keuangan

Menabung, hal yang terlihat sederhana tetapi nyatanya sulit untuk dilakukan oleh sebagian orang. Apalagi di zaman sekarang di mana tempat untuk menghabiskan uang sangatlah banyak. Itulah sebabnya, pengelolaan keuangan yang baik harus sangat diperhatikan saat ini. Terutama, untuk kamu yang sudah mulai menunjukkan tanda berikut ini:

  • Mengandalkan kredit

Mengandalkan kredit untuk pembayaran semua transaksimu sampai tidak sadar tagihan kreditnya sudah menumpuk dan mencapai batas limit pinjaman.

  • Membeli barang karena ingin

Ingin dan butuh adalah dua hal yang berbeda. Kenyataannya saat ini banyak orang yang suka membeli suatu barang karena ingin, bukan butuh. Meskipun nantinya barang tersebut pada akhirnya menganggur dan tidak terpakai, tetapi ada rasa puas karena sudah memilikinya.

  • Hidup hanya untuk saat ini

Meskipun tidak semua, banyak generasi milenial yang memiliki prinsip untuk menikmati hidup saat ini. Mereka yang memegang prinsip ini umumnya tidak berpikir akan masa depannya dan mempersiapkan dana masa depan karena hanya fokus pada kebahagiaan saat ini.

  • Tidak peduli dengan pengeluaran

Merasa tidak perlu membuat budget pengeluaran karena selama masih ada dana di dalam rekening, artinya masih bisa digunakan untuk memenuhi kebutuhan.

  • Tidak memiliki cadangan dana darurat

Tidak ada yang tahu apa yang akan terjadi di masa depan. Namun, banyak orang yang merasa bahwa dana darurat ini belum berguna dan lebih bermanfaat jika dipakai untuk memenuhi kebutuhan saat ini.

Jika kamu memiliki satu atau bahkan lebih dari tanda di atas, artinya kamu harus lebih waspada dalam mengelola keuangan. Kamu bisa coba untuk mulai mengubah sedikit pengelolaan keuangan agar dapat berjalan lebih baik. Misalnya dengan berhenti membeli barang hanya karena ingin dan mulai sisihkan sedikit pemasukanmu sebagai tabungan. Tidak perlu langsung banyak, sebagai langkah awal kamu bisa memulainya dengan jumlah yang kamu mampu dan kemudian naikkan jumlahnya secara perlahan. Jika masih merasa sulit juga, maka kamu bisa mulai menabung di Bank dengan tujuan tertentu. Misalnya menabung untuk hobi, untuk traveling, dan sebagainya. Jadi kamu bisa lebih semangat dalam menyisihkan uangmu.

Meskipun langkah tersebut terlihat kecil dan sederhana, tetapi jika kamu melakukannya secara rutin dan dengan niat yang kuat, maka keuanganmu akan dapat lebih terjaga dengan baik.

Leave a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *