Ruang BerAC

Begini Cara Menentukan PK AC yang Sesuai Untuk Ruangan Anda

Semakin besar ruang pastilah akan membutuhkan AC PK besar. Apalagi untuk ruangan yang terbuka, maka AC yang dibutuhkan tidak hanya dengan PK besar saja, tetapi terkadang jumlah yang dibutuhkan juga tidak cukup hanya satu. Sementara untuk gedung, biasanya chiller yang digunakan untuk mendinginkan ruangan karena sistem kerja chiller yang sudah dirancang khusus untuk meenuhi kebutuhan tersebut. Berbeda dengan ruang kecil seperti kamar yang umumnya hanya menggunakan 1 buah AC ½ PK.

Pertanyaannya, bagaimana sih sebenarnya menentukan PK yang tepat untuk sebuah ruangan? Misalnya Anda memiliki ruang kamar dengan luas di luar standar, apa iya AC ½ PK cukup untuk mendinginkan ruangan tersebut?

Tidak perlu bingung, karena artikel ini akan membahasnya. Namun sebelum mengetahui lebih lanjut cara menentukannya, ada baiknya Anda mengetahui terlebih dahulu apa itu PK.

Pengertian PK AC

PK adalah singkatan dari Paard Kracht yang berasal dari bahasa Belanda. Arti dari kata tersebut adalah horse power atau tenaga kuda (daya kuda). Dalam dunia AC, PK menunjukkan seberapa besar kemampuan AC dalam mendinginkan suatu ruangan. Itulah sebabnya, semakin luas sebuah ruangan maka PK AC yang dibutuhkan juga akan semakin meningkat.

Menentukan PK AC

Jumlah BTU = luas ruangan dalam m2 x 500

Mengingat PK ini berkaitan dengan kemampuan mendinginkan ruangan, maka sangat penting untuk memilih PK yang tepat. Pada umumnya, rumus yang digunakan adalah:

Lalu apa sih BTU itu?

BTU adalah singkatan dari British Termal Unit. Istilah ini digunakan untuk menunjukkan satuan kesejukan hawa yang dihasilkan oleh sebuah AC. Sementara BTU/h menunjukkan kemampuan AC dalam kurun waktu 1 jam. Setiap PK memiliki ukuran BTU yang berbeda, yaitu:

  • AC ½ PK = 5.000 BTU/h
  • AC 1 PK = 9.000 BTU/h
  • AC 1 ½ PK = 12.000 BTU/h
  • AC 2 PK = 18.000 BTU/h

Dari hasil perhitungan di atas, Anda akan mendapatkan angka BTU minimal yang dibutuhkan oleh AC untuk dapat mendinginkan ruangan secara sempurna. Namun, BTU maksimal yang dimiliki oleh AC saat ini adalah 18.000 BTU, artinya ketika jumlah yang Anda dapatkan lebih dari 18.000 BTU, Anda mungkin membutuhkan AC lebih dari 1 untuk mampu mendinginkan ruangan secara maksimal.

Selain luas ruangan, jangan lupa juga untuk mempertimbangkan jumlah orang yang akan rutin berada dalam ruangan tersebut. Semakin banyak orang yang mengisi ruangan, artinya jumlah AC atau besar PK AC mungkin bisa lebih besar daripada hasil perhitungan BTU tersebut.

Leave a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *