3 Dampak Mengisi Air Aki Terlalu Penuh

Aki adalah komponen penting dalam mobil yang berfungsi sebagai sumber kelistrikan. Jika komponen ini mengalami kerusakan, maka  mobil tidak akan mampu untuk menyala. Akhirnya, Anda terpaksa harus memanfaatkan jasa derek siaga dari Asuransi Mobil Terbaik yang digunakan. Tidak hanya itu saja, kegiatan perjalanan Anda juga pasti akan terganggu. Itulah sebabnya, banyak pemilik mobil yang sangat memperhatikan komponen ini, misalnya denganmengisi cairan elektrolit aki ketika jumlahnya sudah berada di bawah level minimum.aki tumpah

Sayangnya, terkadang ada yang kurang memperhatikan batas atau level maksimum cairan elektrolit dan mengisinya terlalu penuh. Padahal hal ini sangat tidak disarankan karena dapat menyebabkan 3 hal berikut ini:

  • Berkurangnya tegangan

Terlalu banyak air aki yang dimasukkan ke dalam aki akan menyebabkan berat jenis aki menjadi berkurang. Akibatnya, aki harus di-charge ulang agar bisa meningkatkan lagi berat jenisnya. Namun, cara ini cukup merepotkan apalagi jika Anda sedang berencana untuk bepergian. Sebab, proses men-charge ini membutuhkan waktu yang cukup lama.

  • Merusak komponen lain

Pengisian aki yang terlalu penuh berisiko menyebabkan cairan aki ini tumpah dan mengenai berbagai komponen lain di sekitarnya. Jika komponen yang terkena terbuat dari besi maka akan menyebabkan terjadinya korosi. Tidak hanya itu, tumpahan aki ini juga bisa mengenai komponen lain yang berkaitan dengan sensor penting dalam mobil dan kemudian merusaknya.

  • Memperpendek usia aki

Air aki yang terlalu penuh akan membuat umur aki menjadi lebih pendek karena kinerjanya tidak bisa maksimal. Akibatnya, Anda mungkin harus mengganti komponen ini lebih cepat daripada yang seharusnya.

Selain memperhatikan jumlah pengisian air aki, Anda juga harus sangat berhati-hati saat mengisi aki. Sebab, cairan ini bersifat keras dan akan berisiko menimbulkan reaksi jika terkena kulit secara langsung. Jadi, sebaiknya gunakan sarung tangan saat proses pengisian. Selain itu, sebisa mungkin jangan sampai ada air aki yang tumpah ke komponen lain di sekitar aki saat proses pengisian. Jika tanpa sengaja ada sedikit saja tumpahan, segera lap bagian tersebut dengan kain.

Semoga bermanfaat!

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *