Ini Manfaat Komponen Busi Pada Mobil

Pada dasarnya, mobil besar seperti Mitsubishi Canter maupun mobil kecil produksi Mitsubishi lainnya memiliki komponen mesin yang serupa. Misalnya saja komponen busi, kedua jenis mobil ini pasti memilikinya komponen tersebut. Tidak hanya itu, di semua jenis mobil, komponen ini memiliki peran yang sangat penting meskipun ukurannya sangat kecil.busi

Peran apa sajakah itu? Berikut ini adalah dua peran penting dari komponen kecil ini:

  1. Cadangan listrik

Selama ini mungkin Anda hanya tahu bahwa sistem kelistrikan mobil hanyalah berasal dari aki. Hal tersebut tidak salah, karena memang itu fungsi utama dari aki dan sumber listrik utama mobil maupun motor memang berasal dari aki. Meskipun begitu, ternyata komponen busi juga bisa bermanfaat sebagai sumber listrik. Ketika aki mulai soak atau mulai bermasalah, maka mobil akan mulai memanfaatkan cadangan listrik pada busi.

Pada bagian tengah busi, ada elektroda yang terhubung dengan kabel koil ke pengapian dan menghasilkan listrik dengan daya tertentu. Meskipun begitu, Anda jangan merasa tenang dulu dan mengabaikan aki yang sudah rusak tersebut. Sebab, daya listrik yang dihasilkan oleh busi tidak sebesar aki. Selain itu, kondisi ini yang dibiarkan terus menerus akan semakin mempercepat kerusakan komponen busi.

  1. Menghidupkan mobil

Ini merupakan fungsi vital dari komponen mungil ini. Yah, percuma kan jika Anda memiliki mobil baru, bagus, dan mahal, tapi tidak bisa digunakan karena businya bermasalah. Yap, meskipun komponen berukuran kecil, ternyata bisa membuat mesin mobil Anda sama sekali tidak bisa dihidupkan. Sebab, komponen ini berfungsi untuk membakar bensin yang telah dikompres pada piston. Proses tersebut akan menghasilkan tenaga yang akan menghidupkan mesin mobil. Ketika busi bermasalah, maka proses pembakaran tidak akan merlangsung sempurna. Mobil bisa tersendat-sendat saat digunakan, muncul suara yang cukup berisik, hingga mesin mobil yang sama sekali tidak mau menyala.

Busi mobil bisa mengalami masalah akibat beberapa hal, antara lain:

  • Usi pakai terlalu lama
  • Basah
  • Kotor
  • Kualitas busi kurang bagus

Untuk memastikan bahwa mesin mobil Anda dapat bekerja secara maksimal, pastikan komponen ini berfungsi dengan baik, ya! (Vita)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *