Tips Mudah Mengisi Air Aki Supaya Aki Tidak Cepat Soak!

Penggunaan aki pada mobil memang memiliki peran penting untuk kendaraan. Lantaran, berfungsi sebagai media untuk penyuplai energi listrik pada mesin kendaraan. Tidak hanya mesin kendaraan, biasanya energi listrik juga disuplai pada bagian lampu, AC, strarter, dan pengapian mobil. Jika tidak ada aki, maka mesin kendaraan pada mobil pribadi maupun truk logistik tentu tidak akan bisa dinyalakan. Oleh karena itu, aki mobil ini sangat berguna untuk mobil.aki mobil

Nah, agar aki ini tidak cepat soak dan rusak, maka ada baiknya kamu semua mengetahui tips mudah mengisi air aki untuk komponen aki mobil. Adapun caranya adalah sebagai berikut, check it out: (dikutip dari: showroommobil)

  1. Langkah pertama yang harus dilakukan ketika Anda ingin mengisi ulang air aki mobil adalah membuka bagian seal secara perlahan. Biasanya, bagian ini terdiri dari enam bagian dan harus hati-hati membuka agar tidak membuatnya rusak. Bukalah seal tersebut satu persatu dengan cara memutar ke bagian kiri sampai mentok dan seal pun berhasil dibuka.
  2. Setelah seal terbuka, selanjutnya Anda bisa mengecek berapa batas air yang terdapat pada aki mobil. Jika sudah berkurang banyak, maka Anda wajib mengisinya kembali dengan air yang sama dengan air sebelumnya. Maksudnya, jangan mengisi air yang berbeda seperti yang terdapat dalam aki karena takutnya nanti malah menimbulkan masalah pada mobil. Dan agar lebih aman, buanglah air aki lama dan ganti aki baru tujuannya agar air aki tersebut lebih awet.
  3. Berikutnya, yang harus dilakukan adalah mengisi ulang air aki. Namun, sebelum mengisi air aki, alangkah baiknya Anda menyiapkan corong berukuran sama dengan lubang aki agar ketika aki diisi tidak tumpah dan tidak mengganggu proses pengisian. Tuanglah air aki tersebut sampai batas upper.
  4. Terakhir, setelah mengisi air aki, maka hal penting yang harus dilakukan adalah menutup kembali lubang seal dengan rapat. Namun, sebelum menutup, pastikan mengecek kembali apakah bagian lubang seal sudah terisi air atau belum. Jika belum, Anda bisa menambahkan sampai lubang tersebut benar-benar penuh dan barulah kemudian ditutup dengan menggunakan seal.

Itulah tips mudah mengisi air aki agar tahan lama. Semoga bermanfaat! –SH–

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *