tidur

Waspada, Benda Sekitar Ini Ternyata Dapat Menjadi Penyebab Penyakit

Pandemi COVID-19 buat siapa pun jadi lebih awas terhadap kondisi kesehatan diri dan lingkungan. Walau sudah terproteksi dengan asuransi kesehatan individu, memakai masker setiap keluar rumah dan rajin cuci tangan dengan sabun tentu menjadi kebiasaan baru Anda di masa sekarang.

Namun tahukah Anda jika ada hal-hal sepele yang bisa membahayakan kesehatan Anda selain paparan coronavirus? Ya, menurut situs Everyday Health, beberapa hal berikut bisa membuat Anda jatuh sakit:

  1. Jika Anda tiba-tiba merasakan gatal-gatal atau sesak napas, barangkali kondisi tersebut disebabkan oleh bantal Anda. Pasalnya, bantal kepala dan guling adalah sarang tungau (kutu kecil), yang mana merupakan pemicu gatal dan sesak napas itu. Hewan mikro ini biasanya memakan serpihan kulit manusia yang tertinggal di luaran bantal dan guling tidur Anda. Oleh sebab itu, upayakan untuk selalu menggunakan sarung bantal dan guling serta menutup dengan ritsletingnya.
  2. Riasan mata. Produk riasan mata seperti eyelashes, mascara, eyeshadow merupakan salah satu hal sepele yang bisa mengacaukan kesehatan Anda. Tanpa Anda sadari, produk-produk ini bisa menginfeksi indra penglihatan Anda. Pasalnya, produk riasan mata yang terlalu lama digunakan di mata akan terkontaminasi oleh bakteri atau jamur. Maka dari itu, janganlah terbiasa memakai produk riasan mata untuk waktu lebih dari satu hari. Sebagai tindakan preventif, Anda wajib mencuci tangan terlebih dulu sebelum mengaplikasikan ataupun menanggalkan riasan mata Anda.
  3. Papan ketik komputer atau laptop. Papan ketik (keyboard) komputer atau laptop Anda merupakan salah satu tempat penuh kuman yang mungkin tidak Anda sadari. Mengutip laman Everyday Health, beberapa peneliti menemukan jika meja kerja memiliki 21 ribu kuman per inci persegi. Angka ini amat jauh lebih besari dibandingkan dengan toilet kantor, yang hanya punya 49 kuman per inci persegi. Untuk itu, rajinlah mencuci atau membersihkan tangan saat sedang bekerja dengan komputer atau laptop. Hindari juga menyentuh mulut, hidung, juga mata selepas mengetik di atas papan ketik. Anda bisa pula membersihkan papan ketik Anda secara rutin dengan pembersih berbasis alkohol.

Itulah dia 3 hal sepele yang bisa membuat Anda sakit. Ingat-ingat ketiganya, dan jangan lupa untuk mengaplikasikan tindakan-tindakan pencegahan, ya. Semoga bermanfaat!

Leave a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *