tinta brother

Sebelum Membeli, Ketahui Dulu Jenis-jenis Tinta Printer Berikut Ini!

Tinta merupakan bagian paling penting yang tak bisa dipisahkan dari printer, salah satunya printer untuk kantor. Ya, dengan adanya tinta, maka printer bisa mencetak tulisan dengan baik, entah itu tulisan berwarna maupun hitam saja. Oleh karena itu, penggunaannya sangat dibutuhkan ketika mencetak berbagai macam dokumen.

Namun demikian, tahukah kamu, tinta printer sendiri ternyata terdiri dari banyak jenis, loh. Ada yang disesuaikan dengan jenis printer yang digunakan, jenis kertas, sampai kebutuhan cetak. Untuk lebih jelasnya, simak ulasannya di bawah ini: (source: liputan6.com)

  1. Toner. Toner merupakan salah satu jenis tinta yang kerap digunakan pada printer jenis laser maupun LED. Toner terbuat dari partikel kecil pigmen sehingga bentuknya lebih kering. Ketika mencetak dokumen, printer biasanya memanfaatkan cahaya yang lebih kuat dalam mengisi drum yang berputar, barulah kemudian menarik partikel toner sehingga menghasilkan gambar ataupun teks dengan hasil cetakan yang lebih baik.
  2. Tinta cair (liquid ink). Berbeda dengan toner, tinta cair biasanya lebih sering digunakan pada printer inkjet. Di mana, dalam penggunaannya tinta satu ini menghasilkan gambar maupun teks dengan cara menyemprotkan tetesan mikroskopis ke bagian kertas. Tinta cair ini terdiri atas dua jenis, yaitu tinta dye-based dan tinta pigmen (durabite). Tinta dye-based sendiri lebih cepat memudar, terlebih jika terpapar sinar UV. Sedangkan, tinta pigmen lebih tahan terhadap paparan sinar UV dan tidak mudah memudar.
  3. Tinta pita. Selain itu, terdapat pula tinta pita atau ribbon. Tinta jenis ini biasanya dipakai pada printer jenis dot matrix dan impact. Kedua jenis printer ini memiliki cartridge, yang berisi pita kain panjang pada roda dan melewati bagian reservoir tinta. Ketika digunakan, pita akan jatuh ke bagian print head dan kertas. Print head bertugas mencetak gambar dari pita dan menghasilkan varietas merah-hitam (monokrom).
  4. Tinta sublimasi. Kerap digunakan pada printer jenis infus, tinta sublimasi terbuat dari bahan diluent, pewarna, minyak, dan lainnya. Tinta jenis ini umumnya dimanfaatkan untuk mencetak media selain kertas seperti pin, mug, kaos, dan sebagainya. Hasil cetak dari tinta satu ini tidak mudah luntur, tahan lama, dan degradasi warna yang dimilikinya lebih kuat.

Selain beberapa tinta yang sudah dituliskan di atas, masih banyak tinta lainnya seperti tinta eco solvent, tinta solvent, tinta tekstil, dan tinta padat. Semoga bermanfaat! –SH–

Leave a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *