memanaskan mobil
Otomotif

Ini Alasan Pentingnya Memanaskan Mobil

Memanaskan mobil merupakankegiatan wajib yang dilakukan oleh para pemilik mobil truk Fuso maupun mobil lainnya. Ada yang memanaskannya hanya sekitar 5 menit, tetapi ada juga yang mencapai 15 menit atau bahkan lebih lama. Durasi ini biasanya akan bergantung pada jenis mesin (bensin dan diesel) dan juga sistem mesin yang digunakan oleh kendaraan. Karena pada kendaraan sekarang, umumnya tidak membutuhkan waktu lama untuk proses memanaskan mesinnya.memanaskan mobil

Namun meskipun mereka melakukan hal ini secara rutin, tidak semua orang tahu alasan dibaliknya. Mereka hanya tahu bahwa hal ini waib dilakukan agar mesin awet. Nah, supaya Anda tidak lagi melakukan kegiatan ini tanpa mengetahui menfaat pentingnya, yuk kita langsung bahas saja!

  1. Memanaskan mesin akan membantu oli untuk dapat naik dan memasuki area celah mesin. Sebab pada saat mobil didiamkan semalaman, oli akan turun kembali ke tangki dan mesin mengering. Jika mobil langsung digunakan tanpa dipanaskan, mesin belum terlumasi sempurna sehingga tidak akan ada yang meredam gesekkan antar mesin. Akibatnya mesin akan lebih cepat rusak.
  2. Ada beberapa komponen yang dengan sengaja dibuat tidak presisi karena akan mengalami pemuaian pada saat panas. Artinya ketika komponen ini masih dalam kondisi dingin, masih belum dapat berfungsi maksimal mendukung kerja komponen lainnya. Sehingga akan mengganggu proses kerja mesin. Terutama pada mobuil keluaran tahun 90-an, memanaskan mesin sangatlah penting dilakukan. Karena pada tahun tersebut teknologi masih memiliki banyak kekurangan sehingga banyak komponen mesin yang belum presisi.
  3. Sudah banyak yang tahu bahwa salah satu cara menjaga keawetan aki mobil adalah dengan memanaskan mobil secara rutin. Yap, memanaskan mobil akan membantu alternator untuk mengisi kembali setrum pada aki yang mulai berkurang pada saat mobil diam. Karena meskipun mobil tidak dinyalakan, listrik pada aki tetap digunakan untuk menjalankan beberapa fungsi pasif seperti alarm. Untuk mengembalikan aliran listrik yang telah hilang, mobil harus dipanaskan sambil menginjak pedal gas mencapai 2.000 rpm selama sekitar 1 menit.

Nah, sudah tahu kan alasan pentingnya memanaskan mobil? Jadi pastikan untuk tidak mengabaikannya, ya! (Vita)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *