Takut Gagal Saat Berbisnis? Atasi dengan Hal Ini

Semakin banyak masyarakat yang lebih memilih untuk mulai membangun usahanya sendiri dibandingkan dengan bekerja pada orang lain. Sulitnya mencari pekerjaan dan kemudahan dalam mengajukan pinjaman usaha adalah beberapa alasan mengapa hal tersebut bisa terjadi. Memang, jika melihat kondisi saat ini, bisa dikatakan jumlah lapangan pekerjaan jauh lebih sedikit daripada jumlah lulusan atau sarjana yang mencari pekerjaan. Sehingga bukan hal yang aneh jika seorang sarjana yang lulus dengan nilai terbaik sekalipun harus berjuang untuk mencari pekerjaan.gagal berbisnis

Namun, bagi sebagian orang, menciptakan lapangan pekerjaan dengan membangun sebuah bisnis juga bukan hal yang mudah. Rasa takut akan mengalami kegagalan sering kali menghantui mereka dan membuat mereka ragu memulai bisnis. Apalagi, sekarang melakukan pinjaman kepada pihak bank pun terbilang cukup sulit dan saat meminjam uang harus mengetahui istilah BI checking. Tentu, ini akan semakin memusingkan sekaligus membuat takut, bukan?

Untuk itu, lawan rasa takut tersebut dengan melakukan beberapa hal ini, di antaranya:

  • Berpikir positif

Pikiran negatif tentang sesuatu hanya akan membuat Anda merasa semakin stres. Hal ini berlaku juga saat Anda akan memulai sebuah usaha. Cobalah untuk selalu berpikir positif mengenai segala hal di sekitar Anda, termasuk ketika Anda menemui kendala atau masalah. Dengan begitu, Anda akan siap untuk menghadapi semua masalah yang datang.

  • Fokus pada proses

Banyak orang yang hanya fokus pada hasil, yaitu keberhasilan dan keuntungan yang akan di dapatkan dari bisnis. Padahal, semua akan bergantung pada proses yang Anda jalani untuk memperoleh kesuksesan tersebut. Jadi, daripada membayangkan hasil yang belum jelas, lebih baik jika Anda fokus pada proses untuk mendapatkan hasil terbaik.

  • Bersiaplah dengan risiko

Bisnis tidak akan lepas dari yang namanya risiko. Ketika Anda mulai berbisnis, Anda harus sudah siap dengan hal itu. Persiapkan diri Anda dengan mencari informasi mengenai risiko apa saja yang mungkin terjadi pada bisnis Anda dan bagaimana cara menanganinya.

  • Tingkatkan kemampuan diri

Saat memulai bisnis, aada banyak kemampuan diri yang harus Anda tingkatkan dibandingkan dengan bekerja dengan orang lain. Dari mulai kemampuan menjual, kepercayaan diri, manajemen keuangan, dan sebagainya.

  • Abaikan perkataan negatif orang lain

Pasti ada saja komentar negatif dari orang sekitar Anda saat memulai bisnis. Ada baiknya jika Anda mengabaikannya dan hanya mendengarkan kata-kata orang yang mendukung dan membantu Anda saja.

Membangun bisnis bukan hal yang mudah. Akan tetapi, rasa takut saat mau memulai bisnis akan membuat Anda semakin sulit untuk maju. (Vita)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *