sakit pinggang
Health

Sakit Pinggang Saat Beraktivitas? Perhatikan Hal Berikut Ini

Sakit pinggang bisa menyerang pada siapa saja. Dengan bantuan vitamin untuk capek pegal saja tidak cukup. sakit pinggangTernyata salah kebiasaan bisa menyebabkan sakit pinggang. Untuk itu, perhatikan hal berikut ini :

  1. Posisi duduk

Saat beraktivitas di depan laptop atau komputer terlalu lama, pastinya akan membuat pinggang terasa pegal dan nyeri. Untuk itu, mengatasinya dengan melakukan peregangan, berdiri, berjalan-jalan kecil, dan lain sebagainya,

  1. Posisi mengemudi

Saat mengemudi, kita dihadapkan untuk konsentrasi. Namun, terkadang kita lupa untuk mengatur posisi tegap saat berkendara, sehingga moncong kedepan, bungkuk. Apalagi ditambah jika mengendarai sepeda motor yang mengharuskan membawa tas punggung sehingga bisa memberatkan beban. Untuk itu, antisipasinya dengan menaruh tas di tempat kaki.

  1. Posisi tidur

Kebiasaan tidur seseorang juga menentukan kesehatan pinggang. Berbagai macam posisi tidur, seperti telungkup, telentang, bahkan melingkar pasti pernah dialami seseorang. Namun, ada baiknya biasakan posisi tidur telentang dan lurus, sehingga tulang, saraf tidak mengalami pergeseran. Selain itu, tempat tidur seseorang juga menentukan kesehatan pinggng, biasanya dengan alas yang keras dan tidak sesuai dengan postur tubuh, akan banyak mengalami gangguan kesehatan.

  1. Posisi berdiri/berjalan

Ketika berjalan, Anda harus meluruskan punggung Anda, namun kebanyakan mengangkut barang dan menggunakan tas punggung yang berat bisa menyebabkan badan bungkuk dan menjadi kebiasaan. Untuk itu, perlu Anda sadari setiap waktu agar tidak menjadi kebiasaan yang buruk. Antisipasinya dengan membagi bawaan barang dengan berbagai tas sehingga tidak membebani punggung Anda.

Aktivitas tersebut harus diperhatikan agar tidak tsampai kebiasaan yang terus diulang. Berikut pencegahannya :

  • Pertahankan berat badan dalam batasan normal
  • Lakukan olahraga, paling tidak 30 menit setiap hari
  • Pastikan kursi yang Anda duduki, memang bisa menopang Anda.
  • Hindari posisi bungkuk saat berdiri dan duduk
  • Hindari posisi bungkuk saat mengangkat barang
  • Gunakan alas tidur yang tepat dan sesuai postur tubuh
  • Menghindari penggunaan sepatu hak tinggi yang terlalu lama
  • Mengonsumsi nutrisi yang tepat

Apabila nyeri pinggang Anda sudah tidak tertahan lagi dan berkelanjutan, segera temui dokter agar bisa mendapat penanganan yang tepat. Semoga bermanfaat!

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *