makan popcorn

Baikkah Kebiasaan Makan Sambil Menonton?

Makan sambil menonton, entah itu menonton TV atau film dari ponselmu sudah menjadi kebiasaan yang umum dilakukan. Tidak hanya di Indonesia saja, masyarakat di berbagai negara lain juga memiliki kebiasaan ini. Dari mulai mengonsumsi camilan seperti snack pillows hingga makanan utama. Apakah kamu juga termasuk salah satunya?

Memang makan sambil menonton adalah hal yang menyenangkan. Situs wellandgood menjelaskan alasan di baliknya. Menurut situs tersebut, kebiasaan tersebut dapat memberikan rasa nyaman dan relaks bagi seseorang. Penyebabnya adalah karena kebiasaan tersebut memicu hormon dopamine yang berperan penting untuk menimbulkan efek bahagia. Itulah sebabnya banyak orang yang mengalami kesulitan untuk menghilangkan kebiasaan ini.

Lalu, melihat penjelasan di atas, apa artinya ini merupakan kebiasaan baik yang aman jika dilanjutkan?

Ternyata meskipun memiliki efek positif, tetapi kebiasaan ini bisa berujung pada risiko obesitas. Penyebabnya adalah karena titik fokus saat melakukan 2 aktivitas ini. Ketika kamu makan sambil menonton, kamu pasti akan lebih fokus pada acara yang sedang ditonton dibandingkan dengan makanan yang ada di depanmu.

Memang, kamu akan tetap melanjutkan makan, tetapi justru inilah yang berbahaya. Kamu tidak akan bisa benar-benar menikmati makanan yang dikonsumsi. Tidak hanya itu, kamu mungkin akan melewatkan tanda dari tubuh yang mengisyaratkan bahwa kamu sudah kenyang. Akibatnya kamu akan mengalami overeating sehingga berpotensi menaikkan berat badan.

Namun untuk kamu yang memiliki kebiasaan ini dan sulit menghilangkannya, jangan keburu panik. Ada cara yang cukup efekti untuk mencegah kamu overeating saat makan sambil menonton, yaitu:

  • Tentukan porsi

Ambil makanan dalam porsi secukupnya yang menurutmu akan membuatmu kenyang. Setelah itu, barulah kamu bawa ke meja di depan TV dan kamu bisa menikmatinya sembari menonton. Jika makanan yang kamu siapkan sudah habis dan kamu merasa masih lapar, tahan diri dan jangan langsung mengambil tambahan porsi.

  • Beri waktu istirahat

Seperti yang telah disebutkan sebelumnya, karena terlalu fokus menonton kamu mungkin akan melewatkan tanda bahwa kamu sudah kenyang. Jadi ada baiknya jika kamu beristirahat sejenak dari menonton dan makan agar bisa mengalihkan fokus pada kondisi tubuhmu. Sebab terkadang rasa kenyang juga timbul beberapa saat setelah makan.

Semoga informasi di atas bermanfaat dan dapat membantumu ya!

Leave a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *