Merawat Ban Sepeda Motor Juga Penting, Loh

Ketika berbicara tentang perawatan motor, biasanya orang  akan terfokus pada masalah oli. Bahkan, orang yang paling malas sekalipun untuk merawat motornya, biasanya tetap tidak melewatkan perawatan ini. Tidak hanya melakukan ganti oli secara teratur, tetapi memilih kualitas oli dan memastikan oli mesin serta oli samping terbaik yang digunakan merupakan hal yang wajib. Padahal, perawatan opada motor tidak hanya terbatas pada oli saja, loh. Bahkan, jika kamu melewatkan perawatan pada bagian ini, bisa berdampak pada keselamatanmu.

ban motor
Source: mydeal.lk

Perawatan yang dimaksud, yaitu perawatan pada ban. Hal ini penting untuk diperhatikan, karena menjaga kondisi ban tetap baik merupakan salah satu tips aman mengendarai sepeda motor. Lalu, bagaimana saja ya cara merawat ban? Berikut ini adalah beberapa di antaranya:

  • Menggunakan nitrogen untuk nmengisi angin dalam ban. Sebab, nitrogen ini memiliki kemampuan yang baik untuk meredam panas. Selain itu, ukuran partikel nitrogen lebih besar daripada angin biasa sehingga dapat meredam kebocoran dari pori-pori ban, dan menjaga tekanan ban tetap ideal.
  • Jangan abaikan kebersihan pada ban. Meskipun ban bersentuhan langsung dengan permukaan tanah sehingga ban kotor merupakan hal yang wajar, tetapi bukan berarti kamu jadi boleh mengabaikan kebersihannya. Sebab, bebatuan ataupun kotoran yang terselip pada kembang ban berisiko menyebabkan sobekan pada karet ban.
  • Sebenarnya, dalam buku manual ada informasi mengenai tekanan angin pada ban yang ideal untuk motormu. Akan tetapi, terkadang tekanan angin tersebut tidak sesuai dengan kondisi yang sebenarnya. Sebab, ada beberapa hal yang bisa memengaruhi perubahan tekanan angin, salah satunya yaitu beban yang dibawa motor. Jadi, kamu bisa mencoba terlebih dahulu tekanan angin sesuai aturan, dan kemudian menyesuaikannya jika merasa kurang nyaman.
  • Meskipun ban yang bocor bisa ditambal sehingga tidak perlu mengganti dengan yang baru, bukan berarti kamu boleh menggunakannya saat tambalan sudah banyak. Sebaiknya, jika sudah terdapat lebih dari 3 tambalan pada ban motormu, gantilah dengan yang baru.

Selain dari keempat cara di atas, ada lagi hal yang bisa kamu lakukan untuk merawat ban, yaitu waspada saat memodifikasi ban. Sebaiknya, hindari mengubah velg ban dengan velg yang tidak atau kurang sesuai dengan ban karena hal ini akan membuat ban menjadi cepat rusak. Selain itu, hindari membawa beban melebihi kapasitas karena beban akan tertumpu pada ban dan akhirnya akan mempercepat kerusakannya juga. (Vita)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *