gangan belitung
Food,  Travel

Menikmati Segarnya Gangan Khas Belitung

Bagi pencinta wisata, menikmati kuliner daerah khas yang dikunjungi menjadi hal yang wajib. Bahkan, jika memungkinkan bisa saja kamu akan mengunjungi semua kuliner terkenal yang ada di daerah tersebut. Nah, salah satu wisata kuliner yang wajib kamu coba saat mengambil paket liburan ke Belitung adalah makanan yang bernama gangan.

Hmm, makanan sepeerti apa yah itu? Supaya nggak penasaran, yuk kita bahas lebih lanjut tentang makanan ini.

Gangan merupakan makanan dengan bahan dasar ikan dan memiliki kuah sehingga sering juga disebut salah satu jenis sup ikan. Jika hanya dilihat secara sepintas, gangan sangat menyerupai gulai karena kuahnya berwarna kuning agak orens. Meskipun begitu rasanya sangat berbeda karena makanan ini memiliki cita rasa yang asam dan sedikit pedas. Rasa asam ini didapatkan dari asam yang merupakan salah satu bumbu masakan ini. Tidak hanya itu, masakan ini juga menggunakan nanas yang dapat menambahkan rasa asam tetapi segar sehingga membuat makanan ini semakin nikmat.

Untuk tingkat kepedasannya, bisa menyesuaikan dengan seleramu jika membuatnya sendiri. Tinggal atur saja penggunaan cabai pada masakan ini. Namun sangat disarankan untuk membuat makanan ini dengan rasa pedas, karena bisa mengurangi amis dari ikan. Selain dari rasa pedas dan penggunaan nanas, berbagai bahan rempah lainnya juga digunakan untuk menghilangkan bau amis ikan, seperti daun salam, lengkuas, sereh, kemiri, dan sebagainya. Tentu saja, makanan ini juga menggunakan kunyit sebagai salah satu rempahnya untuk membuat kuahnya berwarna kuning.

Ikan yang digunakan untuk pembuatan gangan sebenarnya tergantung pada seleramu, tetapi masyarakat Belitung biasanya menggunakan ikan ketarap, ikan kakap merah, ikan bulat, atau kepala kakap merah sebagai bahan utamanya.

Biasanya makanan ini akan langsung dinikmati selagi hangat ketika baru saja matang. Dimakan bersama dengan nasi panas, rasanya pasti akan semakin nikmat. Keistimewaan lainnya, terkadang ada beberapa restoran di Belitung yang menyajikan makanan ini dengan menggunakan batok kelapa, sehingga semakin terlihat unik. Namun yang perlu kamu perhatikan, hindari memanaskan makanan ini karena akan merusak rasa aslinya. (Vita)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *