restoran

Cari Tahu Arti Istilah Pelayanan Makanan Ini, yuk!

Biasanya, orang akan mencari rekomendasi tempat makan dari internet saat ingin makan di luar atau mencari diskon restoran. Baik dari review food blogger, tayangan televisi yang kemudian diposting di akun sosial media, maupun dari rekomendasi akun sosial media milik teman. Apalagi, jika orang tersebut termasuk jarang makan di luar, pastinya akan merasa bingung menentukan tempat makan yang pas untuk didatangi.

Apakah kamu juga salah satunya? Nah, jika kamu sudah menemukan restoran atau kafe yang menarik untuk didatangi, maka ada baiknya jika mengetahui juga beberapa istilah pelayanan dalam restoran agar kamu tidak salah dalam memahaminya. Berikut ini di antaranya:

  • Room Service

Ini adalah layanan yang umum ada pada hotel, yaitu ketika kamu memesan makanan di restoran yang ada pada hotel dari kamar tempatmu menginap. Restoran tersebut kemudian mengantarkan makanan yang dipesan tersebut ke kamarmu langsung. Ini juga berlaku untuk kamu yang menginap dan diberikan fasilitas free breakfast, kemudian diantarkan langsung ke kamar saat pagi hari.

  • Counter Service

Pada layanan ini, konsumen mendatangi counter pemesanan untuk memesan makanan kemudian melakukan pembayaran. Selanjutnya, konsumen tinggal menunggu di ujung atau counter khusus pengambilan makanan. Jika makanan yang dipesan sudah siap, maka konsumen tinggal mengambil makanan di counter tersebut dan membawanya ke meja.

  • Buffet Service

Ini adalah layanan di mana makanan disajikan dalam meja berukuran panjang dengan menu yang berurutan. Biasanya diawali dengan nasi, sayur, kemudian lauk dan kerupuk atau sambal sebagai pelengkap. Buffet biasanya tersedia pada menu sarapan di restoran hotel, menu prasmanan saat ada acara yang diadakan di restoran, atau pada beberapa restoran all you can eat.

  • Table Service

Pada sistem ini, konsumen cukup menunggu di meja karena pelayan restoran yang akan mendatangi meja. Pertama untuk mencatat pesanan dan kedua untuk mengantarkan makanan. Bahkan, terkadang untuk pembayaran juga bisa dilakukan di meja, sehingga konsumen tidak perlu ke mana-mana untuk melakukan transaksi.

  • Gueridon Service

Pada layanan ini, makanan yang disajikan masih berbentuk setengah jadi. Alasannya, karena proses memasak selanjutnya akan dilanjutkan di depan konsumen. Biasanya, pelayan restoran akan membawa peralatan untuk finishing masakan dengan menggunakan trolli. Kemudian melanjutkan proses memasak sebelum dihidangkan pada konsumen.

Setiap restoran mungkin saja memiliki sistem yang berbeda untuk proses pemesanan dan juga penyajian makanannya. Jika kamu masih merasa asing, atau bingung bagaimana caranya, kamu tidak perlu malu untuk bertanya pada pelayan yang ada. Daripada kamu sudah datang tetapi tidak juga dilayani karena tidak paham caranya? Tenang saja, pelayan restoran yang profesional pasti akan selalu siap untuk membantumu.

Semoga informasi di atas bermanfaat dan selamat hunting makanan favoritmu!

Leave a Comment

Your email address will not be published.