sukulen
Fun

Sukulen dan Kaktus, Bedanya Apa, Ya?

Untuk mempercantik unit rumah baru di Cibubur milik Anda, biasanya pihak developer akan menanam beberapa tanaman hias di halaman dan juga di dalam rumah. Salah satu tanaman yang masuk daftarnya adalah kaktus dan juga sukulen. Banyak yang mengira keduanya adalah tanaman yang sama, namun demikian sebenarnya tidak demikian, lho. Lantas, apa sih bedanya? Coba simak dalam artikel ini, ya!

Jika dilihat sepintas, baik kaktus dan juga sukulen memang memiliki kemiripan. Keduanya sama-sama memiliki bentuk yang unik juga ukuran yang mungil. Nah, sebelum melanjutkan pembahasan, pertama-tama Anda harus memahami bahwa sukulen merupakan istilah yang merujuk pada tanaman yang memiliki kemampuan untuk menyimpan air dalam jumlah banyak sehingga bisa bertahan dalam kondisi kering sekalipun. Jadi, sukulen bukanlah sebuah nama family tumbuhan seperti kaktus. Sukulen ini bisa terdapat di berbagai tubuh tumbuhan, bisa dalam daun, batang, dan lain sebagainya.

Dari penjelasan di atas, jelaslah bahwa kaktus adalah tanaman sukulen dan sebaliknya tak semua sukulen adalah kaktus. Sifat sukulen ada di dalam kaktus karena kaktus menyerap dan menyimpan air pada batang tumbuhannya. Dari segi fisik tanamannya sendiri, sukulen memiliki kelopak yang seperti daun, sementara kaktus memiliki duri sebagai pengganti jaringan daun.

Keduanya memang tidak memiliki perbedaan yang cukup signifikan. Untuk perawatannya sendiri pun sama antara kaktus dan juga sukulen. Agar bisa tumbuh dengan sempurna, baik kaktus dan juga sukulen membutuhkan intensitas cahaya yang banyak. Hanya saja, bukan berarti keduanya harus ditanam di bawah sinar matahari langsung. Anda bisa menempatkannya di tempat yang terang, namun tidak langsung terkena sinar matahari. Oleh sebab itu, kaktus dan juga sukulen seringkali ditempatkan di dalam ruangan.

Baik kaktus dan sukulen tidak memerlukan pasokan air setiap harinya. Sebab terlalu banyak air justru bisa membuat keduanya membusuk. Anda bisa menyemprotkan air setiap beberapa kali sehari, atau menyiramnya dengan jumlah air yang tidak terlalu banyak.

Itu dia perbedaan antara kaktus dan juga sukulen. Semoga bisa membantu, ya!

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *