scoliosis anak

Mengenal Skoliosis Pada Anak dan Deteksi Awalnya

Skoliosis merupakan salah satu masalah kelainan tulang yang tidak hanya dapat menghambat aktivitas Anda, tetapi juga memengaruhi penampilan seseorang. Sayangnya, belum ada obat yang bisa sepenuhnya menyembuhkan masalah ini. Meskipun begitu, dengan penanganan skoliosis yang tepat dan dilakukan segera, maka skoliosis bisa lebih terkontrol, khususnya jika yang mengalaminya adalah anak-anak.

Skoliosis Pada Anak

Ya, skoliosis memang bukanlah masalah kelainan yang hanya menyerang orang dewasa saja, tetapi juga anak-anak, bahkan usia bayi sekali pun. Sama halnya dengan skoliosis pada oang dewasa, kelainan ini akan menyebabkan kurva tulang belakang membentuk pola C atau S. Namun, ketika kurva ini sudah membentuk pola tersebut artinya kondisinya sudah cukup parah.

Deteksi Awal Skoliosis Pada Anak

Pengobatan untuk skoliosis pada anak sangat disarankan untuk dilakukan secepat mungkin. Itulah sebabnya Anda harus sangat memerhatikan adanya kondisi yang tidak normal pada anak. Jika anak masih berada pada usia di mana Anda masih memandikannya atau membantunya berpakaian, Anda bisa memerhatikan pola tulang belakangnya sebagai deteksi awal.

Sementara untuk anak dengan usia sudah lebih dewasa, maka mintalah anak untuk melakukan deteksi awal ini sendiri dengan melihatnya melalui cermin. Misalnya dengan melihat rata atau tidaknya tinggi bahu kanan dan kiri. Hal ini penting, terutama untuk anak dengan riwayat keluarga yang juga memiliki skoliosis. Sebab, skoliosis bersifat genetik yang artinya dapat menurun dari anggota keluarga lain yang sedarah.

Selain itu, Anda juga disarankan untuk melakukan pengecekan rutin secara medis. Sebab terkadang skoliosis tidak atau belum terdeteksi secara fisik karena perkembangannya yang lambat. Namun, tetap terdeteksi melalui medical check up. Dengan begitu, anak Anda bisa mendapatkan penanganan segera dan sudut kurva tulang belakang tetap dapat terkontrol.

Anda juga harus terus memberikan semangat pada anak, terutama jika sudut kurva tulang belakang sudah membentuk pola sehingga memengaruhi penampilannya. Sebab, mungkin anak akan merasa kurang percaya diri dengan penampilannya akibat masalah kesehatan ini.

Memang, skoliosis tidak bisa dicegah dan belum ada pengobatan yang benar-benar bisa mengobati secara total. Namun, dengan penanganan tepat dan cepat, maka masih ada harapan kondisi skoliosis pada anak Anda tidak semakin parah. Terlebih mengingat tulang pada anak-anak yang masih cukup fleksibel.

Leave a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *