listrik

Memilih Genset Untuk Kebutuhan Rumah Tangga

Ketika mendengar kata “genset”, mungkin Anda langsung berpikir bahwa mesin ini hanya digunakan untuk kebutuhan usaha saja. Misalnya gedung bertingkat, ruang server, supermarket, dan sebagainya. Namun tahukah Anda, dengan adanya toko yang jual genset Cummins murah, sekarang mesin ini juga sudah banyak digunakan untuk kebutuhan rumah tangga?

Memang, genset yang digunakan pastilah tidak memiliki daya output sebesar yang digunakan untuk mendukung usaha. Sebab genset ini umumnya digunakan hanya sebagai cadangan listrik ketika ada pemadaman listrik dari PLN. Meski begitu, dasar manfaat genset rumahan itu sama saja dengan genset gedung atau bangunan yang lebih besar. Nah, untuk Anda yang tertarik menggunakannya, maka ada hal yang sebaiknya diperhatikan saat memilih genset untuk keperluan rumah tangga, yaitu:

  • Daya output

Berapa besar daya listrik di rumah Anda dan berapa banyak daya listrik yang biasa Anda gunakan? Sebaiknya, pilihlah daya listrik yang tidak terlalu besar dari kebutuhan Anda. Namun, daya listrik output yang tertulis umumnya lebih kecil dari aktualnya, jadi Anda harus mempertimbangkan hal ini juga.

Misalnya kebutuhan daya listrik rumah Anda 1.300 watt dan daya output maksimal 1.300 juga, maka bisa jadi daya output aktualnya kurang dari 1.300. Jadi sebaiknya Anda pilih yang memiliki daya output tertulis lebih besar dari angka tersebut.

  • Harga dengan kualitas

Memilih genset dengan harga yang murah memang terkesan dapat menghemat pengeluaran Anda. Namun, waspadalah jika kualitasnya ternyata kurang bagus atau menggunakan bahan bakar terlalu boros, maka ke depannya justru bisa membuat pengeluaran Anda semakin membengkak.

Sebaiknya pilihlah genset dengan harga wajar dan kualitas yang standar sesuai kebutuhan Anda. Untuk membantu, Anda bisa mencari informasi mengenai merek genset yang berkualitas tetapi menawarkan harga terjangkau.

  • Service center

Anda memang tidak berharap genset tersebut mengalami kerusakan, tetapi mengetahui lokasi service center sangat penting sebagai persiapan. Pastikan service center genset tersebut berada di area yang terjangkau oleh Anda.

Lebih baik lagi jika merek genset yang Anda beli memiliki layanan service ke rumah. Dengan begitu, Anda tidak perlu repot membawa genset Anda ke mana-mana saat ada masalah.

Semoga dengan berbagai informasi di atas Anda bisa mendapatkan genset yang sesuai dengan kebutuhan Anda.

Leave a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *