lidah buaya

Manfaat Lidah Buaya untuk Kesehatan Tubuh

Setiap jenis makanan pasti memiliki manfaat baik untuk tubuh, jika dikonsumsi dalam kadar yang wajar. Nah, salah satunya yaitu lidah buaya yang terkandung dalam suplemen kesehatan Herbalife Nutrition Active. Meskipun selama ini tanaman berbentuk panjang dan berduri ini dikenal memiliki manfaat baik untuk rambut, tetapi ternyata manfaatnya untuk tubuh juga tidak kalah banyak.

Apa saja ya manfaatnya? Berikut ini di antaranya!

  • Mengatasi masalah pencernaan

Melansir dari situs klikdokter, sebuah riset pada tahun 2010 menunjukkan manfaat gel lidah buaya dalam mengatasi GERD (Gastroesophageal reflux disease). GERD sendiri adalah penyakit asam lambung yang berupa naiknya asam lambung ke kerongkongan akibat otot LES melemah.

Selain GERD, lidah buaya juga dapat bermanfaat untuk mengatasi sembelit. Residu berwarna kuning yang ada pada lidah buaya mengandung aloin atau barbaloin yang memiliki manfaat sebagai pencahar alami. Getah pada lidah buaya dapat meningkatkan kadar air di usus sehingga menstimulasi sekresi lendir. Selain itu, getah lidah buaya juga meningkatkan peristaltik usus, yaitu gerakan gelombang yang dihasilkan kontraksi usus.

  • Menurunkan kadar gula darah

Untuk kamu yang tidak menderita penyakit diabetes, mengonsumsi ekstrak lidah buaya dapat membantu menurunkan kadar gula dalam darah. Sementara untuk yang sudah menderita penyakit ini, berdasarkan studi dalam International Journal of Phytotherapy and Phytopharmacy, mengonsumsi dua sendok jus lidah buaya per hari dapat membantu menurunkan kadar gula darah pada penderita diabetes tipe 2. Tidak hanya itu, lidah buaya juga dapat mengurangi risiko komplikasi.

Meskipun bermanfaat, untuk kamu yang mengonsumsi obat diabetes harus waspada saat mengonsumsi lidah buaya. Sebab, bukannya mengontrol kadar gula, konsumsi lidah buaya bersamaan dengan obat justru berpotensi menyebabkan terjadinya hipoglikemia.

  • Menjaga kesehatan mulut

Gel pada lidah buaya efektif membunuh bakteri penghasil plak streptococcus mutans di mulut. Berdasarkan riset yang telah dipublikasikan di Ethiopian Journal of Health Science bulan April 2014, jus lidah buaya murni juga berfungsi sebagai obat antiseptik alami untuk mulut yang dapat melawan infeksi bakteri.

Selain itu, untuk kamu yang sedang mengalami sariawan pada mulut, lidah buaya juga bermanfaat untuk membantu proses penyembuhannya.

Wah, banyak sekali ya manfaatnya. Namun, yang harus kamu perhatikan yaitu dalam mengonsumsi lidah buaya kamu harus tahu pasti cara pengolahannya serta berapa kadar yang aman untuk dikonsumsi olehmu. Daripada kamu pusing memikirkannya, kamu bisa langsung mengonsumsi suplemen yang mengandung ekstrak lidah buaya seperti Herbalife Nutrition Active. Selain mengandung ekstrak alami lidah buaya, suplemen ini juga mengandung berbagai bahan alami lain yang bermanfaat bagi kesehatanmu. Salah satunya ialah mengontrol berat badan sehingga BMI kamu tetap berada di ambang normal.

Leave a Comment

Your email address will not be published.