manajemen karyawan

Manajemen Karyawan yang Tepat Untuk Mengembangkan Usaha Kecil

Siapa bilang manajemen karyawan yang baik hanya perlu dimiliki oleh usaha dalam skala besar saja? Sebab kenyataannya, usaha kecil juga tetap membutuhkannya bahkan sekelas toko kelontong sekalipun. Misalnya saja Anda sebagai konsumen sedang belanja toko kelontong yang ada di dekat rumah. Kemudian penjaga tokonya malah asyik bermain ponsel dan tidak melayani Anda dengan baik. Dijamin Anda pasti akan merasa tidak dihargai dan memilih untuk berbelanja di tempat lain.

Kondisi tersebut bisa terjadi akibat beberapa hal, salah satunya yaitu manajemen karyawan yang kurang tepat dari sang pemilik usaha. Jika sudah begini, meskipun toko kelontong Anda sudah tergabung dalam SRC (Sampoerna Retail Community) sekalipun, pasti akan tetap sepi konsumen. Mungkin saat SRC sedang mengadakan even, konsumen akan datang karena ingin berpartisipasi dalah even SRC, tetapi begitu even berakhir, dijamin toko Anda akan kembali sepi.

Manajemen karyawan adalah masalah yang cukup kompleks dan bahkan masih banyak juga perusahaan besar masih kesulitan dalam hal ini. Namun, beberapa cara ini bisa membantu Anda melakukan manajemen karyawan yang tepat, antara lain:

  • Rekrut orang yang tepat

Banyak orang yang butuh pekerjaan, tetapi tidak semuanya mau bekerja. Sebagai pemilik usaha, Anda harus sangat berhati-hati dengan tipe orang seperti ini karena mereka tidak akan bisa bekerja sesuai dengan yang Anda inginkan. Bahkan, mereka bisa menjadi alasan hancurnya bisnis Anda. Pastikan Anda merekrut orang yang tepat dan memang ingin bekerja sehingga mereka bisa menjadi pendukung berkembangnya usaha Anda.

  • Beri pelatihan

Untuk usaha yang berkaitan dengan produksi, pastikan karyawan Anda mengikuti pelatihan agar dapat bekerja sesuai prosedur. Namun jika usaha Anda menjual sesuatu seperti toko kelontong, maka Anda bisa memberikan pengarahan pada karyawan bagaimana cara melayani kosumen yang tepat.

  • Jalin komunikasi

Anda memang bosnya, tetapi jangan pernah berpikir bahwa Anda selalu benar. Jalin komunikasi yang baik dengan karyawan dan tanyakan pendapat serta idenya untuk mengembangkan bisnis Anda. Karyawan yang berhubungan langsung dengan konsumen dan juga supplier terkadang bisa memberikan masukan bermanfaat untuk mengembangkan bisnis, loh!

  • Beri dukungan

Jangan hanya menyuruh karyawan melakukan ini itu tanpa memberinya dukungan apapun. Tidak ada salahnya sesekali Anda memberikannya penghargaan berupa bonus sesuai dengan kinerjanya. Apalagi jika seandainya karyawan tersebut berhasil membantu Anda mengembangkan bisnis, penghargaan menjadi hal yang sangat penting.

  • Buat peraturan

Meskipun hubungan Anda dengan karyawan terjalin baik, Anda tetap harus membuat peraturan yang harus ditaati semua karyawan. Misalnya jam kerja, hal yang harus dilakukan dalam melayani konsumen, dan sebagainya.

Bagaimana? Terlihat mudah, ya? Namun kenyataannya, manajemen karywan tidaklah semudah itu. Apalagi jika Anda sudah salah merekrut orang yang salah. Jadi pastikan Anda memulaai tahap pertama (perekrutan) dengan orang yang tepat, maka tugas Anda selanjutnya mengenai manajemen karyawan ini dapat berjalan lancar.

Leave a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *