Kesalahan Finansial yang Sering Dilakukan Saat Berlibur

Sebelum berangkat liburan, tentu ada banyak hal yang Anda persiapkan. Mulai dari memastikan tiket pesawat sudah lengkap, hotel sudah dipesan, menyiapkan barang-barang yang akan dibawa, dan masih banyak lagi. Hanya saja, ada uang jalan-jalansatu hal yang seringkali terlewatkan: urusan finansial. Yap, hal ini sangat krusial, namun tanpa sadar Anda lakukan sehingga membawa kerugian bagi diri Anda sendiri. Terlalu banyak membawa uang tunai, lupa membeli asuransi travel, sembarangan memilih tempat tukar uang, dan tidak menyiapkan dana darurat adalah beberapa di antaranya. Selengkapnya dalam artikel berikut ini, ya:

  1. Terlalu banyak membawa uang tunai. Untuk berjaga-jaga, tak sedikit dari Anda yang lebih memilih membawa uang tunai melebihi jumlah yang dibutuhkan. Padahal, inilah kesalahan pertama yang paling sering dilakukan ketika berlibur. Banyaknya uang di dompet membuat Anda terlena dan menjadi lebih boros dalam membelanjakannya. Belum lagi kemungkinan menarik perhatian pencopet yang banyak berkeliaran di Paris dan menyasar turis dengan uang tunai. Untuk itu, hindarilah kesalahan ini dengan membawa uang secukupnya dan mengurus beberapa pembayaran dengan kartu kredit atau debit Anda. Pembayaran hotel, biaya makan di restoran, dan tiket masuk wisata biasanya bisa dibayar dengan menggunakan kartu.
  2. Sengaja melupakan asuransi perjalanan. Masih banyak yang belum sadar betapa pentingnya asuransi perjalanan untuk aktivitas liburan Anda. Tak sedikit yang menganggap asuransi perjalanan hanyalah buang-buang uang karena tidak terlihat manfaatnya. Padahal, asuransi perjalanan berfungsi sebagai ‘pelindung’ dari hal-hal tak diinginkan yang mungkin terjadi saat berlibur. Bayangkan jika Anda liburan tanpa asuransi dan mengalami kecelakaan di tempat wisata: berapa banyak uang yang harus Anda keluarkan untuk biaya pengobatannya? Hal ini tidak akan terjadi jika Anda sudah melindungi diri dengan asuransi. Oleh sebab itu, tak heran jika beberapa negara mewajibkan turis untuk memiliki asuransi saat mengajukan visa.
  3. Sembarangan dalam memilih tempat tukar uang. Jika Anda akan berkunjung ke luar negeri, menukarkan uang dengan mata uang negara yang dituju tentu menjadi kewajiban. Namun, tak sedikit dari Anda yang sembarangan memilih tempat tukar uang dan tidak melakukan riset terlebih dahulu. Padahal setiap tempat tukar uang memiliki kurs yang berbeda-beda. Baiknya, ambillah waktu untuk riset dan cek harga tukar di beberapa money changer. Pilih tempat tukar uang yang menawarkan harga tukar yang kompetitif.
  4. Lupa menyisihkan dana cadangan. Kesalahan finansial lain yang sering dilakukan tanpa sadar adalah lupa menyisihkan dana cadangan. Anda merasa bahwa selama tiket PP sudah aman, penginapan sudah dibayar, dan uang makan sudah disisihkan, maka tak ada lagi biaya yang harus disiapkan. Padahal, itu salah lho. Selalu siapkan dana cadangan setiap kali Anda pergi ke suatu tempat. Dana cadangan ini berfungsi untuk menyelamatkan Anda jika dibutuhkan sewaktu-waktu. Mulai dari digunakan untuk membayar taksi yang mengantar Anda ke bandara, membayar biaya kelebihan bagasi, uang tip, dan lain sebagainya.

Kesalahan finansial di atas memang umum terjadi, namun bukan berarti Anda tak bisa menghindarinya. Mulai sekarang, cerdiklah dalam mengatur keuangan ketika liburan agar tidak merugi nantinya. Semoga bermanfaat!

1 thought on “Kesalahan Finansial yang Sering Dilakukan Saat Berlibur

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *