kolam renang
Fun,  Health

Kolam Renang Jernih Belum Tentu Bersih, Lho!

Tak bisa dipungkiri, berenang memang merupakan aktivitas yang menyenangkan. Apalagi jika berenang ketika akhir pekan bersama keluarga di Tempat Berlibur Anak di Jakarta yang dilengkapi dengan kolam renang, tentunya akan terasa lebih menyenangkan. Namun, terlepas dari keseruannya, berenang juga memiliki risiko bagi kesehatan. Bagaimana bisa? Meskipun berenang termasuk salah satu jenis olahraga yang direkomendasikan untuk menjaga kesehatan, kandungan zat disinfektan yang ada di kolam renang justru bisa menyebabkan efek samping pada kesehatan.

Lalu, bagaimana solusi dan cara menghindari risiko tersebut? Cara paling mudah adalah memilih kolam renang yang bersih dan segera membersihkan diri setelah berenang. Sudah tahu bagaimana cara menilai bersih atau tidaknya sebuah kolam renang? Banyak orang yang mengira bahwa kolam renang yang jernih sudah pasti bersih. Padahal belum tentu demikian, lho. Kolam renang yang bersih dan sehat adalah kolam renang yang tidak berbau. Jadi, kejernihan air belum tentu menandakan kolam renang tersebut bersih.

Jika aroma kolam renang berbau menyengat, tandanya air di kolam renang mengandung kloramin yang cukup tinggi. Kloramin sering juga disebut kaporit yang berfungsi untuk membunuh kuman dan penyakit di air. Namun, kadar kloramin yang terlalu banyak juga dapat menimbulkan aroma yang kuat dan efek samping bagi kesehatan. Jika bercampur dengan nitrogen, kloramin dapat membuat mata merah, apalagi jika berenang tanpa menggunakan kacamata renang. Selain itu,  kloramin juga dapat membuat kulit iritasi dan menganggu saluran pernapasan sehingga dapat memicu asma.

Karakteristik kolam renang yang bersih ialah yang berwana biru langit dan tidak beraroma. Jika air kolam renang berwarna hijau, itu tandanya kolam pH air kolam renang tidak stabil dan mengandung banyak alga.

Bukan hanya pihak kolam renang, hendaknya pengunjung juga mengerti betapa pentingnya menjaga kebersihan kolam renang. Untuk itu, hindari mengotori kolam renang misalnya dengan buang air kecil di kolam renang. Untuk menjaga kesehatan dan menghindari efek samping dari bakteri, perlu juga untuk segera membersihkan badan ketika selesai berenang. Mandilah dengan air mengalir dan gunakan sabun serta sampo. Semoga informasi ini bermanfaat ya! (Rima)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *