Cara Efektif Mengajarkan Anak Mengelola Keuangan

Hingga saat ini masih banyak orangtua yang berpikir bahwa usia anak adalah usia untuk mereka bersenang-senang. Sehingga para orangtua ini hanya fokus mencari rekomendasi tempat liburan anak di Jakarta yang menarik dan belum pernah dikunjungi, untuk menghabiskan waktu liburannya. Tujuannya, agar anak selalu merasa bahagia tanpa terbebani apapun.mengelola uang

Padahal, ada beberapa hal penting yang harus diajarkan pada anak sejak dini, seperti mengajarkan anak mengelola keuangan sejak dini. Terlihat seperti sesuatu yang cukup berat jika diajarkan pada anak, tetapi sebenarnya ada banyak manfaat jika mengajarkan anak mengelola uang sejak dini. Sebab, kebiasaan baik ini akan terus terbawa hingga anak dewasa nanti.

Tentu saja, mengajarkan hal ini pada anak juga harus dengan cara yang sederhana dan pastikan bahwa anak berada di usia yang sudah bisa memahami masalah keuangan tersebut. Misalnya, ketika anak sudah mulai duduk di bangku sekolah. Untuk caranya sendiri, ada beberapa hal yang bisa dilakukan, yaitu:

  1. Uang jajan bulanan

Jika Anda terbiasa memberikan uang jajan secara harian, Anda bisa mulai mengubahnya dengan memberinya secara bulanan. Saat memberikan uang tersebut, Anda bisa memberikannya pengertian bahwa uang ini harus cukup hingga akhir bulan dan Anda tidak akan memberikan tambahan uang seandainya uang tersebut habis sebelum waktunya. Tentu saja, dalam memberikan uang bulanan ini, Anda sebelumnya harus mengetahui berapa jumlah uang yang kira-kira dibutuhkan oleh anak dalam 1 bulan.

  1. Mencari uang sendiri

Supaya anak bisa lebih menghargai uang yang dimilikinya, tidak ada salahnya jika Anda mengajarkan anak mencari uang sendiri. Misalnya, Anda bisa meminta anak untuk mengerjakan pekerjaan di rumah yang bisa dikerjakannya dan kemudian memberikannya upah. Anda juga bisa mengajak anak ke tempat wisata edukasi Kidzania, karena di sini anak akan dituntut untuk bekerja terlebih dahulu di berbagai establishment yang ada sebelum nantinya mendapatkan penghasilan.

  1. Ajarkan anak berbagi

Selain mengarahkan anak menggunakan uangnya untuk memenuhi kebutuhan pribadinya, Anda juga harus melatih anak untuk mau berbagi dengan oranglain. Hal ini penting, agar anak tidak menjadi pribadi yang egois saat dewasa nanti.

Dalam mengelola keuangan, ada baiknya jika Anda memberikan anak kebebasan terlebih dahulu untuk mengetahui bagaimana cara anak mengelolanya. Namun, setelah bulan pertama terlalui, Anda dan anak bisa membahas kembali pengeluaran anak agar pengelolaan bisa semakin baik di bulan berikutnya. (Vita)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *