Ini Manfaat Kontrol Traksi Pada Mobil

Selain untuk menambah kenyamanan saat berkendara, beberapa teknologi atau fitur yang ada pada mobil mendukung keselamatan berkendara. Baik fitur yang terpasang atau ditambahkan pada mobil keccil maupun truk Indonesia keluaran terbaru. Hanya saja, fitur tersebut biasanya akan disesuaikan dengan jenis mobil dan juga harganya. Sebab, setiap mobil memiliki karakteristik yang berbeda jadi tidak semua mobil bisa menggunakan satu fitur yang sama. Mengenai harga, jelas saja, beberapa fitur memilikki bilai yang cukup tinggi sehingga hanya bisa dipasang pada mobil dengan harga tertentu saja.kontrol traksi

Salah satu fitur yang saat ini mulai banyak digunakan, khususnya pada mobil mewah, yaitu kontrol traksi. Fitur ini akan mengontrol putaran roda agar tetap stabil sehingga bisa mencegah terjadinya selip. Ketika fitur ini diaktifkan, maka pada saat terdeteksi adanya roda yang berputar lebih cepat daripada yang lain, sistem pengereman secara otomatis akan aktif. Namun, sistem pengereman hanya aktif pada roda yang memiliki putaran lebih cepat saja dengan tujuan agar putarannya melambat dan seimbang dengan roda lainnya.

Ada beberapa keuntungan yang bisa Anda rasakan jika mobil dilengkapi dengan fitur ini. Salah satunya adalah saat Anda berada di jalan menanjak dan ada bagian jalan yang tertutup tanah. Terkadang, Anda akan sulit untuk kembali melaju setelah berhenti di jalan dengan kondisi seperti itu. Sebab, roda yang berada di area tanah akan berputar lebih cepat dibandingkan dengan roda lainnya. Sementara roda yang lain tidak cukup kuat menahan beban. Kondisi tersebut sangatlah berbahaya karena dapat membuat mobil tidak terkontrol. Namun, dengan adanya teknologi ini, hal tersebut bukan masalah karena sistem pengereman pada roda yang berada di tanah akan aktif dan semua roda akan menerima jumlah tenaga yang sama sehingga mobil dapat berjalan dengan normal.

Selain itu, teknologi ini akan sangat bermanfaat untuk mengatasi mobil yang mengalami aquaplaning. Dengan sistem kerja yang serupa, fitur ini akan membuat risiko selip pada saat Anda melewati jalanan basah atau licin akan semakin berkurang. Dengan begitu, risiko terjadinya kecelakaan juga akan semakin berkurang.

Nah, setelah tahu seberapa besar manfaat dari fitur ini, pastikan untuk mengaktifkan fitur ini setiap kali Anda berkendara, ya! (Vita)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *