Apa Saja Fungsi Utama dari Karbohidrat?

Karbohidrat kerap kali menjadi sesuatu yang dihindari oleh Anda yang sedang diet. Meski sudah minum obat pelangsing terbaik, Anda masih saja menghindari karbohidrat dengan harapan untuk menurunan berat badan secara cepat. Namun demikian, sebetulnya karbohidrat memiliki banyak fungsi yang bisa menunjang aktivitas organ tubuh Anda sehari-hari. Karbohidrat tidak boleh dilewatkan konsumsinya sehingga wajib untuk selalu ada di dalam menu harian makan Anda. karbohidrat

  1. Sumber energi utama. Seperti yang sudah Anda ketahui, karbohidrat merupakan sumber energi utama untuk tubuh Anda. Oleh sebab itu, tak heran jika konsumsi menu makanan harian Anda haruslah memiliki sumber karbohidrat di dalamnya agar aktivitas Anda tidak terganggu. Karbohidrat yang ada dalam makanan akan dicerna menjadi gula, yang kemudian akan diserap oleh saluran cerna dan dialirkan ke dalam darah. Gula yang dihasilkan dari pecahan karbohidrat ini disebut sebagai gula darah atau glukosa. Glukosa berlebih yang tidak dialirkan akan disimpan dalam otot dan hati dalam bentuk glikogen sementara glukosa yang tidak terpakai akan diubah menjadi lemak.
  2. Mengurangi asupan kalori. Fungsi lain dari karbohidrat adalah untuk mengurangi asupan kalori. Bagaimana bisa? Ya, pasalnya kandungan serat dari makanan yang mengandung karbohidrat kompleks akan membuat Anda merasa kenyang lebih lama. Dengan demikian, keinginan untuk mengonsumsi makanan lain bisa dikurangi dan konsumsi kalori bisa dikurangi.
  3. Melindungi tubuh dari risiko penyakit. Beberapa sumber karbohidrat seperti biji-bijian, misalnya, ternyata memiliki berbagia manfaat untuk tubuh. Salah satunya adalah melindungi tubuh dari risiko penyakit. Kentang, ubi, beberapa kacang-kacangan, ternyata mampu menekan risiko penyakit jantung, obesitas, diabetes tipe 2, dan melindungi kesehatan organ pencernaan.
  4. Melancarkan pencernaan. Selain beberapa fungsi yang sudah disebutkan di atas, karbohidrat juga berfungsi untuk memperlancar peristaltik usus dan memudahkan pembuangan feses. Sementara itu, untuk karbohidrat yang tidak bisa dicerna akan membuat Anda merasa kenyang lebih lama.

Itu dia beberapa fungsi utama dari karbohidrat yang bisa Anda dapatkan. Tidak hanya itu, karbohidrat juga bisa menjadi penentu indeks glikemik. Seperti yang Anda ketahui, indeks glikemik merupakan patokan yang menilai seberapa cepat karbohidrat atau gula dalam makanan diserap ke dalam tubuh. Semakin tinggi indeks glikemik, maka semakin cepat pula makanan tersebut meningkatkan kadar gula darah.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *