ikan mentah
Food,  Health

Ingin Menyantap Ikan Mentah di Restoran? Simak Tipsnya!

Menyantap ikan mentah pada sushi atau sashimi memang sangat menantang sekaligus sangat menyenangkan. Pasalnya, cita rasa ikan mentah sangatlah kaya; berbeda sekali ketika harus disantap saat matang. Hanya saja, di balik kelezatannya tersebut, ada beberapa hal yang harus diperhatikan agar tidak menyesal di kemudian hari. Ini dia tips yang bisa diterapkan ketika menyantap sushi atau sashimi di restoran. Barangkali bisa dicoba ketika kamu hendak berwisata keliling Indonesia! Tapi, jangan lupa lengkapi diri dengan asuransi wisata domestik agar kamu tetap aman dan nyaman selama liburan, ya.

  1. Jika memutuskan untuk memakan ikan mentah, pilihlah ikan yang berasal dari laut. Pasalnya hal ini bisa memperkecil risiko infeksi parasit yang bisa menyerang tubuh manusia. Dan sebagai tambahan informasi, menurut penelitian ikan yang berasal dari lautan Pasifik biasanya mengandung lebih banyak parasit dibanding ikan dari lautan Atlantik.
  2. Pilih restoran sushi atau sashimi yang memiliki ‘Sashimi Grade’ karena restoran tersebut dari menjamin sajiannya. Keamanan ikan yang disajikan lebih terjamin, tingkat parasit rendah, dan biasanya dibekukan dengan sempurna sehingga aman dikonsumsi.
  3. Jangan lupa untuk menyantap ikan mentah dengan wasabi. Meski sebagian besar orang tidak menyukai wasabi karena rasa pedasnya yang menyengat, ternyata wasabi memiliki kemampuan membunuh parasit.
  4. Banyak masyarakat yang memilih memakan tuna dibanding salmon karena tuna memiliki kadar parasit rendah. Tidak banyak yang tahu bahwa tuna bisa saja mengandung merkuri dan kandungan metal lebih banyak dibanding ikan lainnya.
  5. Batasi konsumsi sushi. Meski rasanya enak dan porsinya tidak terlalu besar, kita pun harus pintar menahan diri dan membatasi konsumsi sushi. Pasalnya, porsi kecil dari sushi ini tidak sebanding dengan kandungan kalorinya. Bayangkan saja, sepotong sushi salmon dengan alpukat gternyata memiliki 300 kalori! Kita bisa hitung sendiri berapa kalori yang masuk ke dalam tubuh jika kita memakan satu set sushi.

Dari lima hal di atas, yang paling penting untuk diperhatikan adalah restoran yang menyajikan sushi dan sashiminya. Hindari memilih restoran yang tidak memiliki grade rendah atau diragukan kualitasnya. Mengapa? Pasalnya jika sushi atau sashimi tidak diolah dengan benar, hal itu bisa menyebabkan infeksi usus dalam tubuh. Ikan mentah yang disajikan haruslah dibekukan secara sempurna semata untuk menjaga ikan tetap segar serta mencegah penyebaran parasit. Selamat mencoba!

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *