sofa rumah
Furniture

5 Cara Merawat Sofa Agar Tetap Bagus dan Nyaman

Membeli sofa minimalis kini bukan lagi hal yang sulit. Sudah banyak pabrikan yang mengeluarkan model sofa yang minimalis. Anda pun bisa mencarinya langsung di toko-toko atau mencari di katalog online store. Namun, setelah Anda menemukan sofa pilihan yang cocok untuk hunian, tugas Anda adalah menjaga agar kualitas sofa tetap bagus dan tetap nyaman saat diduduki. Nah, ini tips merawat sofa inilah yang belum diketahui oleh banyak orang. Ternyata, untuk menjaga agar sofa tetap awet dan nyaman, hal-hal berikut ini perlu Anda lakukan:

  • Bersihkan sofa sesuai dengan jenis bahannya

Kenalilah bahan sofa Anda. Apakah sofa terbuat dari kulit, katun, nilon, atau lainnya. Sebab, setiap bahan sofa memerlukan perawatan yang berbeda. Salah melakukan perawatan justru akan merusak bahan sofa yang Anda miliki. Jika masih ragu jenis bahan sofa Anda, cobalah lihat label yang tertera pada sofa tersebut. Biasanya pada label tersebut terdapat cara mencuci dan merawat sofa tersebut.

  • Hati-hati saat makan dan minum di sofa

Sebaiknya hindari untuk makan dan minum di sofa. Meskipun sudah berhati-hati, tetap saja ada risiko tumpahnya makanan dan minuman ke atas sofa. Selain mengotori tampilan sofa, serpihan makanan yang jatuh ke sela-sela sofa juga dapat mendatangkan binatang, seperti semut atau tikus.

  • Hati-hati meletakkan koran atau majalah

Meletakkan koran atau majalah pada sofa ternyata bisa berisiko buruk pada pelapis sofa. Tak jarang tinta pada koran atau majalah tersebut menodai bagian sofa dan menempel pada pelapis sofa sehingga sulit untuk dibersihkan.

  • Hindari paparan sinar matahari secara langsung

Paparan sinar matahari dan sumber panas dapat merusak tekstur sofa, terutama pada sofa kulit. Jenis sofa kulit dapat menjadi kaku dan keras akibat terpapar sinar matahari. Selain itu, warnanya pun bisa pudar jika terus menerus terpapar panas. Untuk menjaga kelembapan dan kelenturan sofa kulit, sebaiknya hindari paparan sinar matahari secara langsung dan oleskan kondisioner khusus bahan kulit.

  • Jangan tunggu sampai sofa kotor

Jangan tunggu sampai sofa berdebu, terkadang meskipun tidak nampak, terdapat bakteri yang bersarang di dalam sofa. Oleh sebab itu, bersihkan secara rutin. Jika Anda ingin yang praktis, Anda bisa menggunakan jasa cuci sofa di sekitar tempat tinggal Anda.

Dengan melakukan tips di atas, usia sofa Anda jadi lebih lama dan kualitasnya pun tetap terjaga! (Rima)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *