kucing

Bulu Kucing Terlihat Kurang Bagus, Kenapa ya?

Salah satu kelebihan yang dimiliki oleh hewan berbulu, seperti kucing, adalah tampilannya yang lucu karena bulu-bulunya tersebut. Terutama untuk kucing ras yang memiliki bulu lebat atau panjang. Tapi sayangnya, terkadang penampilan hewan kesayangan Anda jadi kurang menarik akibat bulunya yang terlihat basah ataupun mudah rontok.

Jika kamu mengalami masalah ini, jangan khawatir karena masalah tersebut bisa diatasi asal tahu penyebabnya. Dan berikut ini adalah beberapa penyebabnya:

  • Jamur dan Kutu

Penyebab pertama rusaknya bulu tentu adalah karena adanya jamur maupun kutu. Jamur bisa muncul akibat banyak hal, seperti bulu yang lembap aakibat kurangnya prosses pengeringan saat mandi, suhu sekitar, dan sebagainya. Sementara kutu biasanya muncul akibat bergaul dengan kucing lain yang memiliki kutu (seperti kucing di luar). Kondisi yang cukup parah adalah jika sampai kucing kesayanganmu mengalami scabies, yaitu adanya kutu di bawah permukaan kulit. Kondisi ini bisa menyebabkan rontoknya bulu dan munculnya bercak luka (umumnya di awali dengan ujung kuping).

  • Dehidrasi

Sama halnya dengan manusia, kucing juga butuh cairan untuk tubuhnya dalam jumlah yang cukup banyak. Jika kucingmu tidak suka minum, maka risikonya bisa mengalami dehidrasi. Akibatnya, bulunya menjadi kering dan jika kondisinya parah harus menjalani perawatan intensif.

  • Flu

Sakit flu tidak hanya membuat kucingmu menjadi bersin-bersin dan berpotensi menularkannya pada kucing lainnya. Tetapi juga bisa membuat bulunya menjadi rontok maupun basah terus menerus. Bahkan jika flu tersebut tidak segera di atasi, maka bulu kucingmu bisa habis karena rontok.

  • Kotor

Kucing juga butuh mandi secara teratur agar terjaga kebersihannya. Ketika kucing dalam kondisi kotor, mereka mungkin akan lebih sering melakukan grooming (menjilat bulunya) untuk membersihkan tubuhnya sendiri. Bukan hanya kurang baik untuk kesehatan bulumu, terlalu sering grooming juga berpotensi menyebabkan kucingmu mengalami hairball akibat mengonsumsi terlalu banyak bulu saat grooming.

Lalu bagaimanakah caranya agar kesehatan bulu kucing terjaga?

  1. Jika bisa jauhkan dari kucing berkutu
  2. Rutin memandikan kucing ke petshop
  3. Penuhi kebutuhan cairan
  4. Segera bawa ke dokter jika ada gejala jamur atau kutu
  5. Perhatikan kualitas makanan
  6. Berikan minyak ikan

Semoga informasi di atas bermanfaat!

Leave a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *