peralatan mandi
Health

Bahaya Menggunakan Alat Mandi Bergantian

Banyak orang yang memilih perlengkapan kamar mandi berupa rak gantung untuk meletakkan peralatan mandinya. Biasanya yang dipilih adalah rak stainless steel dengan bentuk jeruji agar air dapat mengalir langsung ke bawah dan tidak mengendap di bawah rak. Alasan pemilihannya, untuk menjaga peralatan mandi tetap bersih dari air kotor yang mengendap dan tidak menimbulkan berbagai penyakit.

Namun, tahukah Anda bahwa selain menjaga peralatan mandi dari air endapan, penyakit juga bisa muncul karena  hal lainnya? Yap, penggunaan alat mandi secara bergantian ternyata memiliki efek yang sama berbahayanya dengan menggunakan peralatan mandi yang kotor. Sayangnya, banyak orang yang tidak menyadarinya dan justru dengan sengaja menggunakannya. Misalnya saat sedang bepergian dan menginap, dengan sengaja tidak membawa alat mandi sendiri dan mengharapkan untuk meminjam dari teman yang ikut pergi bersama. Padahal hal ini sangat berbahaya.

Penggunaan alat mandi secara bergantian sangat berisiko menyebabkan penyebaran penyakit kulit dari satu orang ke orang yang lain. Misalnya saja teman Anda menderita suatu penyakit kulit tertentu yang disebabkan oleh jamur. Saat menggunakan peralatan mandi yang langsung berinteraksi dengan kulit, jamur bisa saja menempel pada permukaan alat mandi tersebut. Ketika Anda menggunakan setelahnya, sangat besar kemungkinan jamur tersebut akan menempel pada kulit Anda.

Tidak hanya itu, kulit juga menjadi tempat yang sangat baik untuk berkembangbiaknya bakteri. Semakin lembab area kulit, maka akan semakin banyak bakteri yang berkumpul. Misalnya saja pada area bawah dan juga lekukan tubuh. Sama halnya dengan jamur, bakteri ini juga akan menempel pada alat mandi saat bersentuhan langsung dengan kulit. Dan kemudian akan menyebar paada pengguna selanjutnya. Semakin banyak orang yang menggunakan peralatan mandi secara bersamaan, maka akan semakin besar juga kemungkinan penyebaran jamur dan bakteri.

Namun tenang saja, tidak semua peralatan mandi tidak oleh digunakan bergantian. Hanya peralatan mandi berikut ini yang tidak boleh:

  • Handuk
  • Sabun batangan
  • Sikat gigi
  • Alat cukur
  • Berbagai peralatan lain yang bersentuhan langsung dengan kulit

Semoga setelah mengetahui bahayanya, Anda akan lebih berhati-hati ya. (Vita)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *