Menjaga Imun Tubuh dengan Berolahraga

Apakah Mendengar Musik Meningkatkan Semangat Berolahraga?

Mendengarkan musik bisa memberikan efek rileks. Tidak hanya itu, ketika musik dimainkan juga bisa membuat suasana lebih ceria dan hangat. Hal ini terbukti ketika kamu sedang berada di sebuah acara api unggun dengan banyak orang yang tidak kamu kenal, begitu ada yang memainkan gitar akustik dengan lagu yang diketahui banyak orang, pasti suasana tegang akan segera mencair. Kenal atau tidak kenal, pasti semua peserta akan ikut aktif bernyanyi bersama.

Namun, bagaimana ya jika mendengarkan musik dilakukan sambil berolahraga? Apakah akan membuatmu rileks atau justru semakin semangat berolahraga?

Melansir dari situs center4research.org, musik ternyata dapat meningkatkan performa kamu saat berolahraga. Baik dari segi kecepatan, periode waktu olahraga, dan sebagainya. Namun, manfaat ini berkaitan erat dengan tempo musik yang sedang kamu dengarkan. Biasanya efeknya akan terasa jika musik yang didengarkan memiliki tempo stabil.

Misalnya saja kamu sedang berolahraga mengayuh sepeda sambil mendengarkan musik. Jika musik yang kamu dengarkan memiliki tempo pelan, biasanya kamu juga akan mengayuh dengan santai, sementara jika temponya cepat maka kamu juga akan semakin cepat mengayuh sepeda. Sebab, tanpa sadar kamu akan menjadikan tempo lagu tersebut sebagai ukuran kecepatanmu.

Masih bersumber dari tempat yang sama, adanya kaitan antara tempo lagu dengan kinerja berolahraga ini sudah dibuktikan dengan berbagai penelitian yang pernah dilakukan. Berdasarkan studi yang dilakukan pada tahun 2006, peserta yang melakukan olahraga treadmill sambil mendengarkan musik bertempo cepat mengalami peningkatan jarak tempuh dan kecepatan tanpa merasa lelah. Menurut berbagai studi, tempo tersebut diukur berdasarkan denyut nadi saat berolahraga. Itulah sebabnya, tempo paling tepat pada setiap olahraga bisa saja berbeda.

Untuk olahraga sepeda tempo yang paling banyak diminati atau disukai adalah dalam rentang 125-140 bpm. Sementara berdasarkan studi tahun 2014, tempo paling baik untuk olahraga treadmill adalah 123-131 bpm.

Bagaimana denganmu sendiri? Apakah kamu sering mendengarkan lagu sambil berolahraga? Jika iya, apa kamu merasakan manfaat peningkatan performa ketika melakukannya? Atau sama saja dengan saat kamu berolahraga tanpa musik?

Seperti halnya mendengarkan musik saat berolahraga, ternyata bermain gitar juga memberikan banyak manfaat. Beberapa manfaatnya seperti meningkatkan konsentrasi, lebih percaya diri, dan lain sebagainya.

Leave a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *