Baby cat

Bisakah Kucing Mengenali Namanya?

Untuk kamu yang punya peliharaan kucing, pernah nggak sih merasa kesal karena kesayanganmu cuek saat namanya dipanggil? Padahal dia ada di dekatmu, tapi setiap kali namanya dipanggil dia cuek seperti tidak mengenalinya. Inilah yang membuat banyak orang menganggap bahwa kucing tidak pernah mengenali namanya, berbeda dengan anjing.

Namun, benarkah demikian?

Dalam situs scientificamerican.com disebutkan bahwa sebenarnya kucing mengenali namanya, tetapi mereka memang lebih sering memilih untuk mengabaikannya. Bahkan, mereka juga mengenali suara pemiliknya, loh!

Seorang peneliti perilaku dari Jepang, Atsuko Saito, bersama dengan timnya membuktikan hal tersebut melalui studi yang melibatkan 78 ekor kucing peliharaan dan dari cat cafe bersama dengan pemilik kucing-kucing tersebut. Pemiliknya diminta untuk menyebutkan 4 kata yang serupa dengan nama kucing peliharaan mereka tersebut. Hal itu terus diulang hingga kucing terbiasa.

Selanjutnya, dalam kondisi di mana banyak kucing lainnya, pemilik kucing-kucing tersebut diminta untuk memanggil nama kucing mereka. Dari hasil studi ini terlihat bahwa saat pemiliknya memanggil nama kucing mereka, kucing tersebut akan memberikan respon yang cukup jelas dibandingkan dengan 4 kata yang hanya menyerupai nama kucing tersebut. Beberapa respon yang muncul yaitu gerakan telinga, menengok, gerakan ekor, dan beberapa respon lain. Kemudian para peneliti meminta orang lain untuk memanggil nama kucing tersebut, dan hasilnya kucing masih merespon tetapi tidak seperti saat pemiliknya memanggil nama mereka.

Suasana lingkungan juga ternyata memengaruhi perilaku para kucing. Kucing rumahan yang memiliki identitas pemilik dan nama yang jelas memberikan respon lebih nyata saat namanya dipanggil. Berbeda dengan kucing kafe yang memberikan kurang memberikan respon ketika namanya dipanggil. Diperkirakan hal ini disebabkan karena banyaknya orang yang memanggil  nama mereka saat makan di kafe tetapi mereka akan memberikan reward pada kucing mana pun yang mendekati mereka lebih dulu. Inilah yang membuat kucing-kucing tersebut bingung dengan identitasnya.

Lalu, mengapa mereka tidak datang saat kamu memanggil nama mereka?

Dalam situs smithonianmag.com, John Bradshaw, seorang biologis di University of Bristol, mengatakan bahwa kucing sama pintarnya dalam seperti anjing. Itulah mengapa mereka merespon saat pemilik memanggil namanya. Namun hanya sekitar kurang dari 10% dari total keseluruhan kucing yang akan menghampirimu saat dipanggil. Penyebabnya karena mereka belajar tetapi tidak ingin menunjukkan apa yang telah mereka pelajari. (Vita)

Leave a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *