sekolah anak

Perlu Nggak Ya Anak Ikuti Kegiatan Ekstrakurikuler?

Berbeda dengan Kindergarten (TK), ketika anak sudah melanjutkan ke jenjang SMP, maka biasanya banyak kegiatan yang perlu diikutinya. Bahkan, mereka pun diwajibkan untuk mengikuti kegiatan ekstrakurikuler di sekolahnya—baik itu sekolah negeri maupun International Middle School in Jakarta. 

Sebenarnya, perlu nggak sih anak mengikuti ekstrakurikuler? Kalau dijawab, maka sangat perlu sekali mengikutinya karena membantu menghilangkan beban psikologis yang dirasakan anak akibat belajar secara terus-menerus. Selain itu, dengan mengikuti ekstrakurikuler juga memberikan sejumlah manfaat, misalnya:

Stres hilang dan jadi aktif

Manfaat pertama yaitu dapat meningkatkan produktivitas dan keaktifan anak karena mereka menghabiskan energi dan waktunya untuk kegiatan-kegiatan yang positif. Bahkan, mengikuti kegiatan ekstrakurikuler—terutama yang mereka sukai—dapat membantu menghilangkan stres akibat dipaksa belajar terus-menerus tanpa diberi waktu melakukan kegiatan yang disukai. 

Lebih mudah sosialisasi

Anak akan bertemu banyak teman baru ketika memilih kegiatan ekstrakurikuler yang mereka sukai. Pertemuan seperti ini tentunya dapat membantu memudahkan anak bersosialisasi. Bahkan, mereka akan lebih cepat akrab dan tidak malu ketika berkomunikasi dengan orang baru. Maka dari itu, sebaiknya tidak melarang anak mengikuti kegiatan ekstrakurikuler dan sebaiknya didukung, ya. 

Ajarkan manajemen waktu

Melalui ekstrakurikuler ini anak diajarkan mengatur waktunya dengan baik supaya tidak keteteran antara belajar dan ekstrakurikuler. Manfaat ini tentu tidak hanya dirasakan anak sekarang, tapi, sampai mereka dewasa nanti. Anak tidak akan kerepotan dengan kegiatan maupun pekerjaanya di masa mendatang karena sudah bisa mengatur waktunya. Mereka juga tidak akan kerepotan walau sudah dikejar deadline.  

Bisa salurkan bakat

Bahkan, mengikuti kegiatan ekstrakurikuler juga bisa dijadikan sebagai ajang penyaluran bakat anak. Mana tahu, anak suka bernyanyi, tapi malu menonjolkan kemampuannya. Lewat kegiatan ini anak bisa menyalurkan bakatnya tanpa perlu malu karena mereka latihan bersama dengan temannya. Menariknya, mereka pun bisa mengikuti lomba. Syukur-syukur bisa sampai nasional dan go internasional, tentu sangat membanggakan, bukan? 

Bagaimana, sangat banyak sekali kan manfaat yang akan didapatkan anak kalau mengikuti kegiatan ekstrakurikuler di sekolahnya. Untuk itu, jangan sampai melarang anak mengikutinya, ya, Bund!

Leave a Comment

Your email address will not be published.