peuyeum

Beragam Olahan Peuyeum Singkong yang Pasti Menggugah Selera

Peuyeum singkong atau tape singkong merupakan salah satu oleh-oleh khas Bandung yang sangat terkenal. Meskipun di beberapa kota, seperti Jabodetabek, juga banyak ditemukan penjual keliling yang menjual makanan ini, tetapi rasanya tetap tidak lengkap jika sudah ke Kota Kembang dan menginap di Bandung hotel namun tidak membelinya.

Nah, jika kamu baru saja mendapat oleh-oleh makanan ini atau sempat membelinya saat berwisata ke Bandung, ada cara lain untuk mengonsumsinya selain dengan dimakan langsung begitu saja. Apa sajakah itu? Berikut ini beberapa di antaranya:

  • Peuyeum goreng

Camilan sederhana ini cukup difavoritkan masyarakat Bandung dan juga warga kota lain. Cara membuatnya sangat sederhana, yaitu hanya dengan melapisi peuyeum dengan tepung yang sudah dicairkan dan kemudian menggorengnya. Namun, adonan tepung dan kualitas peuyeum menjadi hal yang penting diperhatikan.

Pastikan tepung tidak terlalu cair maupun kental sehingga dapat menempel secara sempurna pada tape dan tidak terlalu tebal. Selain itu, untuk bumbunya, sebaiknya buatlah adonan tepung manis agar dapat menyatu sempurna dengan rasa peuyeum yang manis. Untuk pemilihan peuyeumnya sendiri, pastikan menggunakan peuyeum yang cukup empuk dan jangan lupa buang bagian serat yang ada di tengahnya.

  • Colenak

Ini merupakan salah satu camilan khas Bandung yang terkenal tetapi sayangnya mulai sulit ditemukan. Colenak atau “dicocol enak” merupakan peuyeum yang diolah dengan cara dibakar dan diberi saus gula merah atau gula aren yang sudah dicampur dengan kelapa. Terkadang, colenak juga diberikan taburan kacang di atasnya agar semakin nikmat.

Saat ini, beberapa tempat makan yang masih menyediakan menu ini banyak yang melakukan variasi. Seperti mengubah sausnya menjadi saus durian atau rasa yang lainnya. Namun jika kamu belum pernah menikmati makanan ini, disarankan untuk mencoba versi originalnya terlebih dahulu agar tahu rasa aslinya.

  • Peuyeum bakar

Sama-sama dibakar lalu, apa bedanya peuyeum bakar dengan colenak? Perbedaannya ada pada topping yang digunakan pada saat penyajiannya. Peuyeum bakar diolah dengan cara yang sangat sederhana, yaitu dibakar kemudian diberi topping sesuai selera; seperti meses, keju, susu, kacang, dan sebagainya.

Sebaiknya, pilih peuyeum yang tidak terlalu keras maupun empuk agar mudah dibakar. Kemudian, tekan bagian atas agar permukaan sedikit datar dan kamu bisa memberikan mentega atau butter. Setelah itu taburi dengan topping dan makanan ini siap disajikan.

Tidak sulit, kan, membuat berbagai hidangan berbahan peuyeum tersebut? Jadi, jika kamu kebetulan memiliki stok peuyeum cukup banyak, tidak ada salahnya mencoba ketiganya. Selamat menikmati!

Leave a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *