Masjid Raya Batam
Destination,  Travel

Masjid Raya Batam, Masjid Terbesar di Batam

Selain menjadi tempat beribadah, masjid saat ini sudah banyak yang juga dijadikan tempat wisata. Baik masjid yang berlokasi dekat dengan hotel maupun di lokasi lainnya. Biasanya, masjid yang dijadikan tempat wisata adalah masjid yang memiliki sebuah ciri khas tertentu sehingga terasa unik dan menarik. Salah satunya yaitu Masjid Raya Batam yang hanya berjarak sekitar 8 menit dengan berjalan kaki dari Hotel Batam Center.

Sebagai masjid raya, bukanlah hal yang mengherankan jika masjid ini menjadi masjid terbesar di Batam. Luas keseluruhan masjid ini adalah sekitar 75.000 m2. Masjid ini mampu menampung jamaah hingga mencapai 3.500 untuk salat bersamaan dan 15.000 orang untuk di area halaman masjid. Salah satu penyebab mengapa masjid ini mampu menampung banyak sekali jamaah di area dalam masjid adalah karena tidak adanya tiang pada bagian dalam. Sehingga masjid terasa sangat lapang dan luas.

Masjid ini memiliki tower dengan ketinggian sekitar 66 meter, dan pada bagian atapnya terdiri dari 3 lapisan atau tahap. Atap tersebut merupakan simbol yang menggambarkan 3 tahap perjalanan manusia, yaitu alam rahim saat belum lahir ke dunia, alam kehidupan saat manusia menjalankan hidupnya di dunia, dan alam baka yang menjadi tempat tinggal abadi semua umat manusia.

Masjid ini juga menjadi salah satu simbol kejayaan umat Islam di Batam. Bahkan, pada tahun 2009 Masjid ini berhasil meraih penghargaan dari Dewan Masjid Indonesia (DMI) dan menjadi salah satu tujuan wisata nasional, tidak hanya oleh umat muslim saja, tetapi juga siapapun yang ingin mengenal Islam lebih dalam atau hanya sekedar melihat-lihat saja.

Untuk yang membawa kendaraan pribadi, tidak perlu khawatir dengan tempat parkirnya, karena Masjid ini menyediakan lokasi parkir yang sangat luas. Sementara itu, untuk yang datang ke Batam dengan transportasi umum seperti pesawat atau kapal ferry, maka Anda bisa menjangkaunya dengan mudah. Sebab, masjid ini berjarak hanya sekitar 12 menit berjalan kaki dari pelabuhan dan berjarak sekitar 12 Km dari Hang Nadim Airport.

Bagaimana, tertarik mengunjungi masjid ini saat ke Batam?

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *