menyalakan AC

Musim Hujan, Perlukah Memakai AC di Rumah?

Anda pastinya sempat bertanya-tanya “perlukah memakai AC filler standing pada saat musim hujan?”, mengingat cuaca di luar sudah dingin. Jawabannya, cukup bervariasi, tergantung bagaimana kebutuhan Anda. Apabila Anda adalah orang yang tidak tahan panas meski di musim hujan sekalipun, Anda tetap bisa menyalakannya, begitupun sebaliknya.

Namun demikian, apabila Anda masih belum yakin dengan jawabannya, maka bisa mengecek faktanya di ulasan berikut, check it out:

  1. Ruangan menjadi tidak pengap

Seperti diketahui, pada saat malam hari pastinya Anda akan menutup seluruh jendela rumah demi keamanan. Namun, sayang, menutup jendela malah dapat mengganggu sirkulasi udara di dalam rumah dan membuatnya menjadi tidak lancar. Apalagi, ventilasi rumah kecil dan kurang memadai udara masuk. Untuk itu, Anda disarankan untuk tetap menggunakan AC meski di musim hujan sekalipun.

Selain dapat membantu sirkulasi udara, menyalakan AC dapat menghindari ruangan menjadi pengap. Tentu saja, untuk suhunya tidak sedingin ketika musim panas agar Anda tidak kedinginan nantinya.

  1. Anak tidur lebih nyenyak

Khusus untuk Anda yang memiliki bayi maupun balita, maka sangat disarankan untuk menyalakan AC sekalipun itu musim dingin. Alasannya, saat tidur, anak biasanya akan lebih mudah berkeringat dan merasa kegerahan ketika tertidur. Untuk itulah, Anda dianjurkan untuk tetap menyalakannya meski sedang musim hujan.

Biasanya, suhu rata-rata AC yang cocok untuk bayi ataupun balita adalah sekitar 200C – 22,20C (source: doktersehat). Ini tentu bisa Anda jadikan panduan ketika hendak menyalakan AC untuk buah hati agar tidurnya lebih nyenyak di malam hari.

  1. Udara di dalam rumah menjadi lebih bersih

Tak hanya mendinginkan ruangan, menyalakan AC di dalam rumah juga dapat membantu membersihkan udara yang tersebar di dalam rumah. Oleh karena itu, menyalakan AC meski ketika musim hujan merupakan pilihan yang tepat untuk Anda.

Bukan cuma itu saja, menyalakan AC juga dapat menghindari udara di dalam rumah terbebas dari bakteri maupun kuman, yang mana jika terhirup bisa membahayakan kesehatan. Karena itu, jangan sampai mematikan AC ketika musim hujan, ya.

So, selama ini, apakah Anda menyalakan AC ketika musim hujan atau malah sengaja mematikannya? –SH–

Leave a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *