Air Buangan AC Baik Untuk Radiator, Mitos atau Fakta?

Radiator merupakan salah satu komponen penting bagi kendaraan. Mobil kecil maupun mobil besar seperti Mitsubishi Canter pasti memiliki komponen ini dan harus selalu dijaga agar berfungsi dengan baik. Sebab, komponen inimemiliki peran yang sangat penting untuk menjaga suhu atau temperatur mobil tetap berada pada level yang wajar. Ketika komponen ini mengalami masalah, maka suhu mobil akan naik dan menyebabkan terjadinya overheat.air radiator

Selain menjaga komponen ini berfungsi normal, menggunakan cairan yang tepat juga sangat penting karena dapat membantu proses pendinginan mesin. Nah, mungkin Anda pernah mendengar bahwa banyak orang yang percaya bahwa cairan pembuangan AC (Air Conditioner) sangat baik untuk dijadikan air radiator. Namun, apakah hal ini benar ataukah hanya mitos?

Ternyata, menggunakan air buangan AC sebagai air radiator memang cukup baik dan bisa dijadikan alternatif. Apalagi jika Anda membandingkannya dengan air keran yang cenderung berisiko membuat korosi atau berkarat. Namun, sebelum menggunakan air buangan AC sebagai air radiator ada hal penting yang harus Anda perhatikan, yaitu pastikan bahawa air buangan AC tersebut telah bersih dari segala macam kotoran. Sebab, kotoran tersebut berisiko menimbulkan sumbatan yang akhirnya akan menghambat fungsi radiator.

Sayangnya, memastikan air buangan bebas dari kotoran bukan hal yang mudah. Meskipun mungkin Anda sudah menyaringnya, terkadang masih saja ada debu atau kotoran berukuran sangat kecil yang masih tertinggal. Akibatnya, kotoran kecil ini akan menyumbat lubang kecil pada komponen radiator. Belum lagi jika Anda tidak menggunakan AC di rumah. Mendapatkan air tersebut tentulah akan sangat sulit. Itulah sebabnya, banyak yang lebih menyarankan untuk menggunakan coolant untuk air radiator mobil. Selain dipastikan bersih selama Anda menyimpannya dengan benar, coolant juga mengandung zat-zat yang dibutuhkan oleh komponen radiator untuk menjalankan fungsinya secara maksimal. Tidak hanya itu, coolant juga sangat mudah untuk ditemukan sehingga Anda bisa dengan mudah mengisi ulang kembali seandainya air radiator berkurang karena suatu hal.

Namun, jika Anda tetap merasa yakin ingin menggunakan air buangan AC, maka hal tersebut tidak masalah selama Anda memastikan kebersihannya. (Vita)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *