pintu lipat
Property

Tips Membersihkan dan Merawat Folding Door yang Sering Terlupakan

Apakah terdapat pintu folding di rumah Anda? Biasanya pintu folding ini cocok untuk mengubungkan ruangan dengan teras atau taman belakang rumah. Pintu folding yang sedang populer sekarang ini adalah yang terbuat dari kaca, sehingga lebih banyak cahaya matahari yang tembus sehingga ruangan tidak mudah lembap dan lebih sehat. Namun, sudahkah Anda tahu bagaimana cara membersihkan dan merawat pintu folding tersebut? Tidak hanya bagian kacanya saja, lho yang harus diperhatikan, tetapi setiap bagian dari pintu folding tersebut juga memerlukan perhatian ekstra. Ingin tahu seperti apa cara tepat membersihkan pintu folding? Coba simak tips di bawah ini!

  • Membersihkan bagian kaca pada pintu

Bagian kaca pada pintu merupakan bagian yang paling terlihat jelas. Oleh sebab itu, tak heran kalau banyak orang yang fokus membersihkan kaca tersebut. Terutama bagian kaca yang terletak di sisi luar ruangan – pasti akan lebih cepat kotor dan bernoda karena terkena angin dan hujan. Tips membersihkan kaca pintu ini sama seperti membersihkan kaca jendela. Anda bisa menggunakan produk cairan pembersih kaca dan menggunakan kain lembut untuk membersihkan kaca. Atau jika Anda ingin membuat cairan pembersih sendiri, Anda bisa menggunakan campuran air dan cuka. Bersihkan kaca secara rutin agar terbebas dari noda dan goresan.

  • Membersihkan kusen

Selain kaca, Anda juga perlu membersihkan kusen pintu. Anda hanya perlu menyiapkan cairan pembersih dan kain lembut. Jika terdapat noda tinta, Anda bisa menggunakan penghapus tinta. Hindari untuk menggunakan deterjen bersifat keras atau menggosok dengan pembersih dengan permukaan yang kasar karena justru berisiko untuk merusak permukaan kusen. Jika perlu, semprotkan cairan pembersih jamur jika Anda menemukan jamur pada bagian dalam kusen pintu. Namun pastikan cairan pembersih aman untuk bahan kusen dan pastikan untuk membilas mengelap cairan pembersih hingga kering.

  • Membersihkan railing pintu

Agar pintu folding dapat digeser dengan mulus, Anda harus memastikan kebersihannya. Bahkan kotoran sekecil bulu peliharaan saja dapat menyumbat jalur pintu dan membuatnya tersendat. Untuk membersihkannya, Anda bisa menggunakan penyedot debu. Jangan lupa untuk menyemprotkan pelumas agar railing dapat berfungsi dengan baik.

  • Merawat kunci pintu

Jangan lupa, kunci pintu folding juga harus dirawat, lho! Sama seperti railing, Anda perlu memberikan sedikit minyak pelumas untuk menjaga mekanisme pengucian tetap bergerak dengan lancar. Gunakan minyak pelumas ringan yang tidak menempel di dan menyumbat di dalam kunci dalam jangka panjang.

Semoga membantu! (Rima)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *