pedal matic
Otomotif

Bahaya Menyetir Mobil Matic Dengan 2 Kaki

Ada beberapa hal penting yang harus diketahui oleh para pemilik dan pengendara mobil, yaitu cara perawatan dan cara mengendarai. Salah satu cara perawatan penting yang harus diketahui adalah memilih oli terbaik untuk mobil kesayangan Anda. Sementara untuk cara mengendarai yang penting untuk diketahui adalah berkendara aman demi keselamatan Anda maupun pengguna jalan lainnya.

Untuk berkendara aman, ada banyak hal yang bisa dilakukan, salah satunya yaitu mengetahui posisi kaki saat menyetir, khususnya bagi Anda pengendara mobil matic. Sayangnya, masih banyak saja yang belum mengetahuinya dan tidak menyadari bahayanya. Untuk itulah, artikel ini akan membahasnya!

Mobi matic hanya memiliki 2 buah pedal, yaitu pedal gas dan pedal rem. Karena jumlahnya inilah, banyak orang yang pada akhirrnya menggunakan 2 kaki untuk standby pada kedua pedal ini dan menginjaknya sesuai kebutuhan. Bahkan, ada beberapa orang yang menganggap sistem kerja pedal rem mirip dengan pedal kopling pada mobil dengan transmisi manual. Akibatnya, pada saat awal berjalan mereka akan menginjak pedal gas sambil melepas pedal rem secara perlahan. Padahal, cara ini sangat salah untuk dilakukan dan bisa membuat gearbox menjadi cepat rusak.

Meskipun hanya terdapat 2 pedal, ternyata sangat disarankan untuk mengoperasikan keduanya hanya dengan satu kaki saja yaitu kaki kanan. Untuk kaki kiri sendiri telah disediakan tempat khusus untuk meletakkan kaki agar tidak pegal. Penggunaan satu kaki saat mengendarai mobil matic sangat penting karena dapat berkaitan langsung dengan keselamatan saat berkendara.

Ketika kedua kaki berada di pedal dan terjadi kondisi mendadak yang mengharuskan Anda melakukan pengereman, tidak menutup kemungkinan Anda akan mengalami kebingungan dan salah menekan pedal. Akibatnya, risiko terjadinya kecelakaan akan semakin besar khususnya jika terjadi pada seorang pengendara yang masih pemula. Namun jika Anda hanya menggunakan satu kaki, ketika sedang berada di pedal gas dan terjadi kondisi mendadak hingga harus melakukan pengereman, feeling Anda untuk menginjak pedal yang tepat akan lebih kuat. Dengan begitu, Anda akan terhindar dari kemungkinan terjadinya kecelakaan akibat menginjak pedal yang salah. (Vita)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *