televisi
Technology

Alat Elektronik Cepat Rusak? Mungkin Ini Penyebabnya

Di zaman sekarang, siapa sih yang tidak memiliki alat eletronik di rumahnya? Dari mulai alat berukuran kecil seperti kipas angin atau setrika, berukuran sedang seperti TV LED 32 Inch Terbaik, hingga berukuran besar seperti kulkas atau mesin cuci. Biasanya, mereka akan membeli alat elektronik sesuai dengan kebutuhan mereka.

Yap, keberadaan alat elektronik memang saat ini sangatlah penting untuk membantu menyelesaikan berbagai macam pekerjaan maupun untuk hiburan. Contohnya saja seperti TV yang bisa digunakan untuk menonton beragam hiburan. Misalnya, saat kamu berencana menyaksikan 2 film penting sebelum menonton joker di bioskop.

Sayangnya, terkadang alat ini justru mengalami kerusakan disaat sedang dibutuhkan padahal usianya masih terbilang baru. Nah, supaya Anda tidak mengalaminya, yuk ketahui apa saja yang membuat alat elektronik cepat rusak berikut ini:

 

  • Tegangan listrik

Bagi Anda yang tinggal di area dengan tegangan listrik cukup stabil, tidak perlu mengkhawatirkan hal ini. Namun sayangnya kebanyakan tempat tinggal saat ini memiliki tegangan listrik yang kurang stabil. Bahkan saking parahnya, tegangan listrik ini bisa membuat lampu rumah meredup ketika sedang rendah. Jika alat elektronik terus digunakan dalam kondisi seperti ini, maka jangan kaget jika alat tersebut akan cepat rusak. Untuk mengatasinya, Anda bisa menggunakan stabilizer untuk beberapa alat elektronik.

  • Sumber listrik

Pernahkah Anda perhatikan pengaturan stop kontak yang digunakan untuk sumber listrik alat elektronik di rumah? Ada baiknya jika Anda menghindari penggunaan satu stop kontak untuk beberapa alat elektronik dengan kebutuhan listrik tinggi. Misalnya listrik untuk AC dengan kulkas, atau kulkas dengan mesin cuci. Sebab, hal ini akan membuat bebas listriknya menjadi semakin berat.

  • Posisi alat elektronik

Ada beberapa alat elektronik yang rentan terhadap panas. Itulah sebabnya, memerhatikan ketahanan temperature sangatlah penting. Tidak hanya itu, untuk alat elektronik yang dapat mengeluarkan panas, aada baiknya jika diletakkann pada area dengan sirkulasi udara yang cukup. Dan hindari menyimpan brang elektronik secara berdekatan satu sama lainnya. Hal penting lainnya yaitu, hindari menyimpan alat elektronik di arera yang terpapar sinar matahari langsung.

Semoga informasi di atas bermanfaat ya! (Vita)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *