makanan manis

Suka Nyemil Tapi Takut Gemuk, Ini Tipsnya!

Suka nyemil = berat badan naik. Memang hal tersebut tidak salah, tetapi juga tidak sepenuhnya benar. Kenyataannya, tidak semua orang yang gemuk suka nyemil, begitu pula sebaliknya, tidak semua orang yang suka nyemil pasti gemuk. Jadi, kalau kamu punya biscuit cracker atau jenis camilan lain yang suka kamu konsumsi, tidak perlu khawatir untuk tetap mengonsumsinya.

Namun, seperti yang telah dikatakan sebelumnya, bahwa nyemil = gemuk tidak sepenuhnya salah. Artinya, kebiasaan nyemil memang bisa berdampak pada kenaikan berat badan jika tidak dilakukan secara benar. Nah, supaya kamu tetap bisa melakukan hobi nyemilmu tanpa khawatir berat badan naik, berikut ini beberapa tips-nya:

Pilih Camilan Sehat

Ada banyak jenis camilan sehat yang bisa kamu pilih sebagai menu camilan keseharianmu. Jika kamu sedang malas memproses atau memasak sesuatu, kamu bisa mengonsumsi camilan sehat yang paling praktis, yaitu buah dan kacang-kacangan. Tentunya, ada baiknya kamu memilih kacang-kacangan yang diproses dengan cara dipanggang sehingga tidak mengandung minyak.

Lalu, bagaimana dengan camilan yang dibeli di supermarket? Tentu saja boleh kamu konsumsi, tetapi ada baiknya kamu perhatikan kandungan gizi pada kemasan camilan yang akan kamu beli. Pilihlah camilan dengan nilai kalori cukup rendah. Selain itu, seimbangkan camilan-camilan tersebut dengan tetap mengonsumsi camilan sehat seperti buah, sayur, dan kacang-kacangan.

Batasi Jumlah Konsumsi

Semua camilan mengandung kalori. Meski kamu sudah menyelangi sesi bercamil dengan mengonsumsi buah atau sayur, kamu tetap perlu mengontrol konsumsi makan camilanmu. Sebab, ada buah-buahan yang mengandung lemak tinggi, seperti buah durian, alpukat, dan kelapa. Bahkan, durian tidak bisa dikonsumsi bersamaan dengan beberapa makanan lain karena kandungan lemak dan zat lain yang bisa menimbulkan efek samping. Jadinya, membatasi konsumsi camilan selagi tetap makan buah dan sayur bermanfaat untuk mencegah tubuh kelebihan nutrisi tertentu.

Berikan Waktu Khusus

Nyemil sambil nonton rasanya memang mengasyikkan. Namun, tahukah kamu bahwa nyemil sambil melakukan aktivitas lain bisa menyebabkan konsumsi camilan berlebihan? Penyebabnya, karena kamu jadi tidak fokus dengan jumlah camilan yang sudah dikonsumsi. Jadi, ada baiknya jika kamu sediakan waktu khusus untuk mengonsumsi camilan, misalnya di tengah waktu makan utama.

Tetap Aktif Bergerak

Salah satu penyebab naiknya berat badan adalah karena tidak seimbangnya antara kalori yang masuk dan keluar. Nah, supaya kalori di tubuh tetap seimbang, maka kamu harus tetap aktif bergerak terutama jika mengonsumsi camilan dengan kalori agak tinggi. Kamu bisa melakukan olahraga ringan atau melakukan aktivitas lainnya, seperti bersih-bersih rumah dan sebagainya.

Nah, dengan menerapkan berbagai cara di atas, kamu gak perlu lagi khawatir berat badan naik karena hobi nyemilmu. Semoga bermanfaat dan selamat menikmati camilanmu!

 

Leave a Comment

Your email address will not be published.