Amankah Fitur Keselamatan Airbag Pada Mobil?

Tingginya tingkat kecelakaan dalam berkendara menuntut perusahaan mobil Mitsubishi Canter ataupun mobil keluarga melengkapi produknya dengan fitur keselamatan. Memang, fitur ini tidak bisa sepenuhnya mencegah terjadinya kecelakaan. Namun, ada beberapa fitur yang bisa mengurangi risiko terjadinya kecelakaan dan juga mengurangi dampak yang terjadi akibat kecelakaan. Salah satu fiturnya yaitu airbag atau kantong udara.airbag

Airbag adalah sebuah fitur keselamatan yang bertujuan untuk mengurangi dampak benturan pada pengendara saat terjadi tabrakan. Airbag berada pada bagian kemudi, dashboard penumpang depan, sisi kanan dan kiri seat depan. Namun, ada juga mobil yang melengkapi airbagnya untuk semua penumpang, tidak hanya bagian depan saja. Dalam kondisi normal, Anda tidak akan bisa melihat airbag ini karena tersimpan secara rapi di bagian dalam mobil. Airbag ini hanya akan mengembang secara otomatis pada saat terjadi tabrakan yang cukup keras.

Akan tetapi, banyak yang masih meragukan manfaat dan keefektifan fitur keselamatan ini. Bahkan, banyak yang menganggap bahwa fitur ini justru bisa berbahaya. Sebab, pada saat airbag mengembang maka akan menekan kepala pengemudi arah berlawanan dari jendela dan kemudi agar tidak membentur kedua benda keras tersebut. Tetapi juga, secara otomatis akan menghalangi gerak atau bahkan pernapasan dari pengemudi tersebut.

Benarkah demikian?

Sebenarnya fitur ini sangat bermanfaat bagi keselamatan Anda. Coba saja bayangkan apa yang akan terjadi jika tidak ada airbag saat terjadinya btabrakan, kepala Anda bisa saja membentur kemudi atau jendela dengan sangat keras dan berakibat fatal bagi Anda. Memang, fitur ini tidak berarti sepenuhnya mengamankan Anda dari risiko, seperti keretakan tulang terutama pada bagian hidung yang terjadi akibat wajah membentur airbag. Namun, risiko yang terjadi jauh lebih kecil dibandingkan dengan mobil yang tidak dilengkapi fasilitas ini.

Selain itu, Anda tidak perlu khawatir dengan masalah pernapasan karena katong ini didesain secara khusus untuk mengempis otomatis setelah kepala Anda membentur airbag. Prosesnya terjadi cukup cepat sehingga tidak akan membuat Anda kesulitan bernapas. Tidak hanya itu, gas yang digunakan dalam air bag adalah gas nitrogen, sehingga aman jika seandainya tanpa sengaja ada gas yang keluar karena bocor, kemudian terhirup oleh Anda.

Nah, setelah mengetahui lebih dalam tentang fitur keselamatan yang satu ini, pastikan untuk memilih mobil yang telah dilengkapi dengan airbag saat akan membeli mobil ya. (Vita)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *