Tubuh Terasa Lemas, Haruskah ke Dokter?

Tubuh yang fit dan sehat akan mendukung aktivitas keseharian Anda. Itulah sebabnya, banyak orang yang mengonsumsi vitamin untuk tubuh fit secara rutin setiap harinya. Sayangnya, terkadang rasa lemas tetap saja datang. Akibatnya, Anda menjadi malas untuk melakukan aktivitas apapun dan lebih memilih untuk bersantai di rumah.

tubuh lemas
Source: ilovezrenjanin.com

Ketika hal tersebut menimpa Anda, mungkin banyak yang akan langsung memilih untuk berkonsultasi ke dokter. Wajar saja, karena tubuh yang lemah seperti itu bisa menjadi tanda Anda sedang menderita suatu penyakit. Namun, apa iya setiap kali merasa tubuh lemas, Anda harus ke dokter?

Ternyata tidak, loh! Sebab, rasa lemas ternyata bisa terjadi akibat beberapa hal seperti yang tertulis pada situs alodokter, antara lain:

  1. Terlalu banyak aktivitas
  2. Kurang tidur
  3. Cemas berlebihan
  4. Bosan
  5. Gejala flu ringan

Untuk ke-5 penyebab di atas, maka Anda tidak membutuhkan dokter untuk pengobatannya. Sebab, cara paling ampu untuk mengatasi lemas akibat penyebab pertama dan kedua, adalah dengan beristirahat yang cukup. Sementara, untuk alasan ketiga dan keempat, Anda bisa mengatasinya dengan melakukan sebuah aktivitas yang menyenangkan. Aktivvitas tersebut, tidak hanya akan mengatasi rasa bosan Anda, tetapi juga bantu mengurangi cemas yang dirasakan. Untuk alasan kelima, selama flu yang diderita masih ringan, Anda bisa mengatasinya dengan mengonsumsi obat yang bisa dibeli secara bebas, dan cukup beristirahat.

Meskipun begitu, jika rasa lelah yang dirasakan ini sudah berlangsung cukup lama maka ada baiknya jika Anda segera memeriksakan diri ke dokter. Biasanya, rasa lemas akibat penyakit tidak akan hilang meskipun Anda sudah beristirahat cukup. Selain itu, rasa lemas yang disertai dengan beberapa gejala lain juga patut Anda waspadai. Misalnya ketika tubuh Anda lemas disertai dengan sakit kepala, atau sakit pada area tubuh lainnya, maka segeralah periksakan diri Anda ke dokter. Sebab, bisa jadi itu merupakan gejala penyakit yang lebih serius. Dengan segera memeriksakan diri ke dokter, maka Anda bisa terhindar dari berbagai komplikasi yang mungkin menyerang. (Vita)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *