Tips Membersihkan Tas atau Dompet Kulit Anda

Kulit adalah salah satu bahan yang sering digunakan untuk berbegai macam fashion item. Seperti tas kulit wanita, sepatu kulit pria, sampai dompet kulit pria.  Kulit membuat penampilan menjadi lebih elegan dan berkelas. Karena harga fashion item berbahan kulit tidaklah murah, maka penting adanya untuk menjaga kualitas tas atau dompet kulit Anda. Semakin berumur maka semakin rentan bahan kulit dari debu, sinar matahari sampai minyak. Berikut adalah beberapa tips untuk membersihkan fashion item Anda yang berbahan kulit!tas kulit

  1. Hindari menyimpan bahan kulit ditempat terbuka.

Pastikan tas, sepatu atau dompet kulit Anda tersimpan ditempat yang aman. Aman berarti jauh dari sinar matahari, tertutup, sejuk namun tidak lembab. Jika bahan kulit sering terkena sinar UV maka akan ada kemungkinan besar bahan kulit Anda akan menjadi kering, berkerak dan akhirnya mengelupas. Jika terlalu lembab maka tas atau dompet Anda bisa menjamur. Maka dari itu simpanlah ditempat yang tepat, juga gunakan tas khusus yang biasanya didapatkan ketika kamu membeli fashion item –nya.

  1. Bersihkan dengan bahan yang benar

Membersihkan bahan kulit terbilang cukup sulit. Jika toko ditempat Anda membeli tas atau dompet kulit Anda memiliki produk khusus untuk membersihkan, ada baiknya Anda menggunakan produk tersebut. Namun jika tidak, maka gunakan cuka, baking soda atau minyak zaitun untuk membersihkan noda. Gunakan kain microfiber untuk memastikan bahan kulit Anda tidak cepat rusak, karena kain dengan bahan yang kasar bisa menyebabkan kecacatan.

  1. Hindari bahan-bahan ini!

Hindari menggunakan pembersih yang mengandung deterjen, minyak munk, minyak petrolum, silikon dan cairan-cairan keras lainnya. Zat-zat yang ada pada cairan bisa meninggalkan bekas bahkan merusak bahan kulit itu sendiri.

Jika Anda merasa membersihkan sendiri bisa menjadi beban, terutama untuk yang sibuk setiap harinya, ada beberapa toko yang memberikan jasa untuk membersihkan fashion item berbahan kulit Anda. Jasa tersebut bisa Anda gunakan, namun pastikan bahwa toko yang Anda pilih menggunakan bahan-bahan yang benar. Jangan biarkan tas atau dompet kulit Anda rusak karena salah memilih jasa.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *