Ruang BerAC

Tetap Sehat Saat Berada di Ruang Ber-AC

Di zaman sekarang, sangat sulit menghindari ruang ber-AC karena hampir semua area tertutup dilengkapi dengan fasilitas AC. Dari mulai gedung perkantoran dan mall yang menggunakan AC gedung, transportasi umum, dan bahkan rumah. Apalagi dengan cuaca yang saat kondisinya sekarang sering terasa panas, hampir setiap rumah saat ini dilengkapi dengan AC.

Namun, ada beberapa orang yang mengalami masalah kesehatan akibat AC sehingga menjadi serba salah. Tidak menggunakan AC di rumah terasa panas, tapi menggunakan AC jadi sakit. Nah, jika Anda salah satu yang mengalaminya, sebenarnya ada cara yang bisa dilakukan untuk tetap sehat meskipun sering berada di ruang ber-AC, yaitu:

  • Bersihkan AC secara berkala

Pastikan AC selalu berada dalam kondisi yang bersih dengan melakukan servis rutin minimal 3 bulan sekali. Pada saat servis, seluruh bagian AC akan dibersihkan sehingga semua debu, jamur, dan berbagai material lain yang dapat menyebabkan masalah kesehatan dapat hilang.

  • Perhatikan posisi AC

Posisi pemasangan AC harus sangat diperhatikan. Hindari posisi AC di mana udara dingin mengarah langsung kepada Anda jika Anda termasuk sensitif pada udara dingin. Terutama jika ruang kama Anda terlalu kecil. Hembusan AC yang langsung mengarah ke Anda bisa berisiko mengganggu pernapasan Anda dan juga memicu timbulnya sakit kepala. Namun, hindari juga mengarahkan AC ke pintu karena dapat membuat suhu dingin AC menjadi tidak maksimal.

  • Selalu sediakan penghangat

Pastikan untuk selalu menyediakan penghangat di ruang kamar Anda sesuai dengan kebutuhan. Anda bisa menyediakan selimut yang cukup tebal, masker, dan juga kaos kaki. Masker bisa Anda gunakan saat mulai merasa sesak napas akibat udara dingin yang terpancar dari AC. Sementara kaos kaki bisa melindungi telapak kaki Anda jika seandainya selimut terlepas dari tubuh Anda saat tidur. Sebab, telapak kaki merupakan area yang sensitif terhadap suhu.

  • Atur suhu

Pastikan suhu tidak terlalu panas atau pun dingin. Sebab suhu yang salah dapat menyebabkan gangguan kesehatan pada Anda. Selain itu, suhu tersebut juga bisa membuat Anda merasa tidak nyaman saat berada di ruangan.

Hal lain yang perlu diperhatikan yaitu, tetap penuhi kebutuhan cairan dengan minum dalam jumlah yang cukup agar tubuh tetap terhidrasi. Semoga bermanfaat! (Vita)

 

Leave a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *