nasi

Selain Nasi, Sumber Karbohidrat Juga Bisa Didapat dari Makanan Ini!

Nasi putih memang dijadikan sebagai sumber karbohidrat utama. Tak hanya mengecangkan, nasi putih cocok dicampurkan dengan berbagai masakan dan makanan lainnya karena itulah tak heran jika dikonsumsi oleh berbagai kalangan, baik tua maupun muda. Namun demikian, sumber karbohidrat ternyata tak hanya bisa didapat dari nasi putih saja, loh. Beberapa makanan ini juga kaya akan kandungan karbohidrat dan sangat bagus untuk kesehatan tubuh, di antaranya adalah: (source: IDNTimes.com)

  1. Oatmeal. Suka makan oatmeal? Hmm, selain enak, oatmeal kaya akan kandungan nutrisi. Di mana, dalam ½ cangkir oatmeal, mengandung 27 gram karbohidrat, 153 kalori, dan 4 gram serat. Tentu, dengan kandungan yang dimilikinya ini akan sangat bermanfaat untuk menjaga kesehatan tubuh. Di samping itu, oatmeal pun berkhasiat untuk membantu menurunkan kolesterol di dalam tubuh, menstabilkan gula darah, dan mengurangi risiko sakit jantung.
  2. Bulgur. Pernah mengonsumsi bulgur? Atau, tahu apa itu bulgur? Jika belum, mari kita kenalan dulu. Bulgur merupakan makanan yang berasal dari tanaman gandum durum dengan ciri khas kulit keras yang dikeringkan. Mengutip dari IDNTimes, 1 cangkir bulgur mengandung 34 gram karbohidrat, 8 gram serat, 6 gram protein, 151 kalori. Sama halnya dengan oatmeal, bulgur memberikan manfaat untuk kesehatan tubuh seperti menjaga kestabilan gula darah, mengurangi kolesterol, dan membantu membentuk sel darah merah.
  3. Pearl Barley. Pearl Barley atau nama lainnya Jelai juga mengandung nutrisi yang cukup tinggi, terutama karbohidrat. Di dalam Pearl Barley sendiri terkandung 74 gram karbohidrat, 17 gram serat, 13 gram protein, 354 kalori, dan lainnya. Tidak jauh berbeda dengan dua makanan sebelumnya, Pearl Barley juga kaya akan manfaat di mana dapat membantu melancarkan sistem pencernaan, menurunkan berat badan, memperlambat penyerapan gula dalam tubuh. Meskipun demikian, Pearl Barley tidak disarankan untuk penderita celiac karena mengandung gandum, penderita iritasi karena adanya kandungan fructant, dan penderita diabetes juga perlu berhati-hati ketika ingin mengonsumsinya.

Nah, selain ketiga makanan yang sudah dituliskan di atas, masih ada makanan lainnya yang juga mengandung karbohidrat, seperti:

  • Buckwheat (gandum kuda)
  • Couscous
  • Quinoa
  • Whole Wheat

Semoga bermanfaat, ya!

Leave a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *